Ini 6 alasan kenapa obat antibiotik harus diminum sampai habis

Standar

Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum | Selasa, 8 September 2015 08:31 Merdeka.com –
ini-6-alasan-kenapa-obat-antibiotik-harus-diminum-sampai-habis
Sakit memang merupakan hal yang tidak bisa ditolak oleh manusia. Meskipun Anda sudah berusaha keras untuk menjaga kesehatan, ada kalanya stamina tubuh pun akan tumbang juga. Jika penyakit sudah datang, maka ada beberapa jalan yang akan Anda tempuh untuk menyembuhkannya. Bisa jadi Anda menggunakan obat tradisional, namun bisa jadi pula Anda harus mendapatkan penanganan dari dokter untuk mengenyahkan penyakit tersebut.

Salah satu jenis obat-obatan yang sering diresepkan oleh dokter adalah obat yang mengandung antibiotik. Antibiotik sendiri mempunyai fungsi untuk membunuh bakteri atau virus lain penyebab infeksi di tubuh. Dalam resepnya, dokter pasti akan menyarankan Anda untuk selalu menghabiskan obat antibiotik yang diresepkan.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah alasan kenapa Anda harus meminum obat antibiotik yang diresepkan sampai habis.

Bakteri bisa tumbuh lagi
Jika Anda tidak menghabiskan antibiotik yang diresepkan, maka bakteri yang sebelumnya telah Anda bunuh bisa kambuh lagi. Hal ini akan membuat penyakit bisa kambuh dan itu malah berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Infeksi bisa kambuh
Selain bakteri yang bisa tumbuh lagi, alasan utama kenapa Anda harus menghabiskan antibiotik Anda adalah infeksi yang bisa kambuh lagi. Kambuhnya penyakit dalam interval waktu yang singkat justru berbahaya untuk kesehatan Anda.

Antibiotik tidak akan bekerja secara maksimal
Menurut pendapat para dokter, antibiotik bisa bekerja secara maksimal di tubuh jika sudah dikonsumsi dalam dosis tertentu. Namun jika Anda menghentikan konsumsi antibiotik tersebut, maka efeknya tidak akan Anda dapat secara maksimal.

Sistem kekebalan tubuh masih lemah
Selain dapat membuat bakteri bisa tumbuh kembali, konsumsi antibiotik yang kurang juga tidak mampu mendukung kekuatan sistem kekebalan tubuh. Sehingga sistem kekebalan tubuh Anda masih lemah dan penyakit dapat dengan mudah lahir kembali di tubuh Anda.

Mempercepat proses pemulihan
Memulihkan diri dari penyakit adalah hal yang penting. Dan itu adalah salah satu tugas dari obat antibiotik. Sehingga jika Anda tidak menghabiskannya, maka proses pemulihan akan berlangsung lebih lama.

Terhindar dari infeksi yang sama
Dengan menghabiskan obat antibiotik Anda, maka Anda akan menghindarkan tubuh Anda dari penyakit yang sama.

Itulah alasan kenapa Anda harus menghabiskan obat antibiotik yang diresepkan. Jadi, Anda masih punya obat antibiotik? Maka segera habiskan menurut petunjuk yang sudah diresepkan dokter.
[feb]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s