Meskipun Minum Air Putih Penting, Dalam Kondisi Ini Justru Harus Dibatasi

Standar

10418909_746668782056996_8780827054268226014_nKiriman dari Bapak Justinus Darmono
Ajeng Annastasia Kinanti – detikHealth
Kamis, 12/03/2015 20:11 WIB
Jakarta, Minum air putih merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh dan menjaga kesehatan ginjal. Namun jangan salah, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang malah sebaiknya membatasi minum air putih.

Beberapa kondisi tersebut di antaranya untuk para lansia, mereka yang melakukan olahraga berat dan pasien dengan kondisi gangguan ginjal.
Demikian disampaikan oleh Guru Besar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH.
Menurut Prof Parlindungan, dalam sehari lansia dengan usia di atas 65 tahun minimal minum air putih 1 liter dan maksimal 1,5 liter. Jika minum berlebihan dalam waktu dekat, risikonya adalah hiponatremia alias natrium berkurang drastis. Efeknya tubuh menjadi lemas, bahkan bisa mengalami kejang-kejang dan penurunan kesadaran.

“Orang usia lanjut yang mudah patah tulang itu natriumnya rendah, mungkin karena minumnya terlalu banyak juga,” terang Prof Parlindungan, dalam konferensi pers peringatan Hari Ginjal Sedunia 2015 di Hotel JW Marriott Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (12/3/2015).
Sementara untuk olahragawan berat, misalnya pelari ultra-maraton yang harus menempuh jarak lari hingga berpuluh-puluh kilometer, asupan cairannya juga justru dianjurkan secukupnya dan jika haus saja. Mereka tak dianjurkan minum terlalu banyak.
images“Ada istilah exercise associated hyponatremia akibat ada kelebihan air. Minum 6 liter sekaligus misalnya, itu bisa bikin natriumnya turun. Makin jauh finish-nya, makin tinggi natriumnya turun. Bisa-bisa sampai di garis finish langsung pingsan. Minumnya kurang dari 1,5 liter air per jam saja,” jelas konsultan ginjal dan hipertensi dari RSCM Jakarta tersebut.

Orang-orang dengan gangguan pada ginjal juga sebaiknya membatasi konsumsi air sesuai anjuran dokter. Jika berlebihan, kerja ginjal justru menjadi berat. Jika ginjal normal namun terlalu banyak minum, misalnya sekaligus sampai 5 liter, maka natrium dan kesadarannya bisa turun, bahkan juga bisa kejang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s