MULUT KERING/ DRY MOUTH / XEROSTOMIA

Standar

1111-785130LATAR BELAKANG
Banyak kasus mulut kering mempengaruhi hampir sekitar 10%dari seluruh orang dan lebih banyak terjadi pada wanita ketimbang pria. Gangguan dalam produksi saliva sering mengenai orang-orang usia lanjut dan orang-orang yang mengkonsumsi obat tertentu.
Mulut kering atau xerostomia selain dapat menyebabkan gangguan bicara pada penderitanya juga bisa menyebabkan gangguan tenggorokan hingga mengganggu kualitas hidup.
PENGERTIAN
Mulut kering

atau xerostomia adalah kondisi yg biasanya diakibatkan oleh penurunan produksi saliva ( kelenjar ludah/liur ).
PENYEBAB MULUT KERING
1. Akibat efek samping obat-obatan yg menurunkan produksi saliva seperti obat tekanan darah, anti histamine, antidepressant,diuretic,obat antiinflamasi.
2. Terapi radiasi untuk mengobati tumor, penyakit pada saliva, diabetes, ketidak seimbangan hormone, pernafasan yg dilakukan melalui mulutapnea tidur ( kesulitan bernafas pada saat tidur ), dan gangguan autoimun seperti syndrome sjogren 9 kelainan autoimun yang berefek pada saliva ), rheumatoid arthritis, dan lupus eritematous, Gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia juga menjadi faktor lain yang bisa menyebabkan mulut kering.
saliva air liur3. Pembuluh utama saliva tersumbat, seperti akibat infeksi.
4. Mulut kering juga sering terjadi pada ibu hamil dan menyususi karena dehidrasi dan perubahan hormonal.
5. Dari sisi psikologis, faktor lain yang bisa menyebabkan mulut kering adalah stres, kecemasan, dan depresi.
PENGOBATAN MULUT KERING
Ketika seseorang sudah mengetahui dirinya terkena mulut kering atau xerostomia langkah awal yg harus dilakukan nya adalah pergi kedokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa kelenjar dan slauran utama saliva untuk melihat apakah ada penyumbatandan menstimulasi dan mendistimulasi aliran saliva. Terkadang juga mulut kering bisa terjadi padahal salivanya mencukupi. Hal inilah yang yang membuat penyebabnya harus diketahui secara pasti dan membuat pengobatan mulut kering bisa bervarias

Pengobatan untuk mulut kering dibagi dalam tiga langkah; Substitusi saliva, stimulasi saliva, dan pencegahan dari karies dan infeksi jamur (candida).

Substitusi saliva: Ketika memilih obat kumur, penderita harus menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol, karena obat kumur yang mengandung alkohol malah akan memperparah mulut kering. Ada banyak perawatan rumahan untuk membantu mengatasi mulut kering. Seperti minum air lebih banyak sepanjang hari, terutama saat makan, membatasi asupan kafein, dan membiarkan es mencair di mulut akan membantu mulut tetap lembab. Membuat suhu di ruangan tidur menjadi dingin dan melapisi bibir dengan vaseline juga akan membantu.

Stimulasi saliva: Mengunyah permen karet akan membantu merangsang aliran saliva, tapi jangan menggunakan permen karet yang mengandung gula karena malah akan meningkatkan risiko terkena karies. Obat lain yang dapat meningkatkan aliran saliva adalah pilocarpine dan cevimeline. Substitusi saliva buatan dan pelumas oral yang mengandung gliserin juga akan membantu selama proses makan dan berbicara. Hal ini memang tidak menyembuhkan xerostomia namun akan membantu dan memberikan perasaan nyaman bagi penderitanya.

Mencegah karies dan infeksi candida: Lubang, gingivitis, penyakit periodontal, dan infeksi jamur adalah komplikasi utama dari kondisi mulut kering. Lingkungan mulut yang kering akan membuat plak sulit dikontrol, sehingga perawatan dan kebersihan mulut dan gigi yang seksama menjadi sangat penting dalam mencegah karies, gingivitis, dan penyakit periodontal. Penderita mulut kering harus menerapakan diet rendah gula dan merawat giginya dengan fluoride dan pembilas antimikroba untuk memerangi efek mulut kering pada gigi dan jaringan mulut. Menggunakan pasta gigi dengan kadar fluoride, kalsium dan fosfat yang memadai akan membantu melindungi dan me-remineralisasi gigi. Yang terpenting, seringlah berkunjung ke dokter gigi untuk mengatasi komplikasi-komplikasi seperti ini. Karena orang dengan mulut kering juga sering mengalami infeksi jamur seperti sariawan (oral kandidiasis), mereka mungkin memerlukan pengobatan antijamur topikal seperti bilasan dan tablet larut. Selain itu, gigi palsu seringkali menjadi pelabuhan infeksi jamur
.
KESIMPULAN

Belum ditemukan cara yang efektif untuk mencegah mulut kering, hanya saja kita bisa mencegah komplikasinya. Oleh karena itu sangat penting untuk mendeteksi, mendiagnosa dan mengobati mulut kering sedini mungkin agar terhindar dari komplikasi buruknya yang bisa merusak gigi dan mengganggu kesehatan mulut secara keseluruhan.
Drg Nivita (Nivi Tanjung) YAKES Telkom Area JABAR
DRG
Drg NOVITA didepan Para Pensiunan Telkom di P2TEL Cabang Bandung Timur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s