Ini Bahaya Minum Kopi yang Jarang Diketahui

Standar

secangkir-kopi-panasMinggu, 1 Maret 2015 17:06 WITA
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM- Mungkin sulit diterima oleh pecandu kopi apalagi pewarung atau produsen kopi. Tetapi sekedar mengingatkan jika kafein dari Kopi bisa merusak organ vital tubuh Anda jika berlebihan. Sudah tahu?
Menurut peneliti seperti dilansir DechaCare.com, kafein, yaitu zat aktif dalam kopi, mempunyai beberapa pengaruh terhadap tubuh, antara lain

menimbulkan kontraksi otot polos di saluran kemih.
Oleh karena itu, penikmat kopi biasanya sering timbul rasa ingin buang air kecil. Selain itu, akibat menikmati kopi yang terlalu berlebihan dapat berdampak pada aliran darah ke ginjal.
Bertambah cepatnya detak jantung dan dilatasi pembuluh darah arteri memberikan pengaruh bertambah derasnya aliran darah ke ginjal.
Namun, apabila ginjal seseorang tidak mengalami masalah, meminum kopi bukanlah sebuah kebiasaan yang harus diwaspadai.
Gagal ginjal lebih disebabkan oleh faktor genetik, penyakit infeksi, penyakit metabolisme atau gangguan kelenjar tiroid, dan penyakit sistemik seperti hipertensi, diabetes, serta tumor.

Justru yang harus diwaspadai adalah efek terhadap kecanduan kopi. Apabila menikmati kopi masih dalam takaran yang wajar (dua cangkir per hari), diduga tidak akan berpengaruh langsung terhadap gagal ginjal.
Akan tetapi, jika konsumsi kopi sudah melampaui batas (3 sampai 5 cangkir per hari), sebaiknya harus segera dibatasi .
Menghentikan kebiasaan minum kopi yang berlebihan dapat dilakukan secara bertahap. Dimulai dari jumlah cangkir per hari sampai pada pengurangan jumlah takarannya per cangkir per harinya. (DechaCare.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s