Diatas kereta api lebih dari satu bulan bagaimana rasanya

Standar

163159_foto2Rute Kereta Terpanjang di Dunia, Keretanya Pulang 4 Bulan LagiJohanes Randy – detikTravel – Jumat, 27/02/2015 16:30 WIB
Yi Wu – Sejauh apa Anda pernah bepergian dengan kereta? Sebuah kereta telah menyelesaikan perjalanannya dari Yi Wu di Tiongkok ke Madrid di Spanyol dan kembali lagi. Butuh 4 bulan untuk kereta itu menyelesaikan perjalanannya.

Media Inggris seperti Daily Mail, Telegraph dan Guardian memberitakan kembalinya kereta Tiongkok setelah menempuh rute sepanjang ribuan kilometer. Dirangkum oleh detikTravel, Jumat (27/2/2015) kereta

tersebut kembali setelah empat bulan perjalanan!

Setelah berangkat pada 18 November tahun lalu, akhirnya kereta barang yang diuji pertama kali untuk melintasi rute Yi Wu-Madrid telah kembali. Tidak sedikit yang mengatakan kalau rute tersebut bisa menjadi jalur sutera abad ke 21.

163140_foto1Kereta kargo Yixin’ou telah menempuh jarak sepanjang 25.749 kilometer dari Benua Asia ke Eropa. Dalam perjalananya, kereta kargo Yixin’ou telah melewati Kazakhstan, Rusia, Belarus, Polandia, Jerman, Prancis, dan Spanyol.

Dengan jarak sepanjang itu, disebut-sebut kalau rute keretanya merupakan yang terpanjang di dunia, bahkan lebih panjang dari ‘Trans Siberian Railway’ yang menghubungkan Moskow ke Vladivostok di dekat perbatasan Tiongkok dan Rusia.

Kereta kargo tersebut membawa 82 kontainer dengan berbagai isinya dari Provinsi Zhejiang, antara lain baju atasan untuk anak-anak dan peralatan menggunting. Sekembalinya ke Tiongkok, kereta tersebut membawa wine, minyak zaitun, dan daging ham.

Ketika kereta tiba di Madrid, Gubernur Provinsi Zhejiang, Li Qiang, mengatakan kalau rute tersebut penting untuk strategi implementasi jalur sutera yang baru. Tiongkok memang punya rute kereta reguler yang beroperasi ke Jerman
Adapun Tiongkok juga punya rute kereta yang menghubungkan Chongqing ke Duisburg dan Beijing ke Hamburg di Jerman. Rencananya awalnya adalah untuk membuat rute serupa antara Tiongkok dan Spanyol.

Menteri Tenaga Kerja Spanyol, Ana Pastor, mengatakan kalau Madrid yang merupakan ibukota Spanyol memegang distribusi barang tidak hanya di Eropa, namun hingga Benua Afrika dan Amerika Latin. Peluang itulah yang dikejar oleh Tiongkok melalui rute kereta tersebut.

Pihak Euro Cargo Rail yang masih bagian dari operator DB Schenker Rail tengah mempelajarai kemungkinan dimulainya rute kereta reguler yang menghubungkan Tiongkok dan Spanyol dengan waktu tempuh dua bulan pada tahun depan.

Menurut phak DB Schenker Rail, biaya transportasi barang menggunakan kereta dianggap tidak begitu mahal. Selain itu juga lebih ramah lingkungan dan lebih cepat dari pendistribusian via kapal laut.

Kelihatannya rute tersebut baru akan tersedia bagi kereta kargo saja. Semoga kelak akan ada gerbong komersial yang dapat dinikmati oleh traveler. Siapa yang tidak mau coba naik kereta dari Tiongkok ke Spanyol?
detik

World’s longest train journey ends in Madrid
An 8,000 mile crossing from China to Spain, passing through eight countries and taking 20 days, has raised hopes of a new “Silk Train” transport route
‘Yixinou’ sets the record for the longest train journey in history: 13,052 kilometers between the Chinese city of Yiwu and the Spanish capital Madrid Photo: Xinhua/Rex
The world’s longest train journey has concluded in Madrid – marking the end of the line for carriages which set off from China 20 days ago to make the 8,000 mile trip.
The train left Yiwu, in eastern China, on November 18 on what is being described as a test journey to see whether the route is viable. A regular freight service could open up next year.
The carriages then passed through Kazakhstan, Russia, Belarus, Poland, Germany and France, before arriving in Madrid on December 8.
Li Qiang, the governor of China’s Zhejiang province – where Yiwu is located – said the route was important to “implement the strategy of developing a new ‘silk road'”.
Regular services already exist between China and Germany – arriving from Chongqing to the city of Duisburg, and from Beijing to Hamburg. But a route down to Spain would, it is hoped, significantly increase trade.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s