Bandung Technopolis – Silicon Valley van Indonesia

Standar

087552500_1424966624-Silicon_Vallley_BandungRidwan Kamil (Kang Emil) yang saat ini menjabat Walikota Bandung tidak pernah berhenti me luncurkan gagasan spektakular untuk memajukan Kota Bandung yang dipimpinnya dengan visi BANDUNG JUARA. Setelah meluncurkan ide Taman bermain disetiap RW, Bandung Tour On Bus (Bandros), Biopori, sekarang meluncurkan gagasan Bandung Teknopolis yaitu gagasan yang akan menjadikan Kota Bandung tempat hidup, bekerja, belajar dan bermain berbasis ICT Global. Walaupun terkesan “inferiority complex syndrome” ke depan

Kota Bandung selain julukan Parisj Van Java juga akan memperoleh julukan Silicon Valleynya Indonesia.
Pemerintah pusat melalui Kementrian Perekonomian, siap mendukung pembangunan Bandung Teknopolis di Kawasan Gedebage. Bandung Teknopolis sendiri merupakan rencana ambisius dari Walikota Bandung Ridwan Kamil, untuk menjadikan Bandung sebagai “Silicon Valley” Indonesia.
Bandung Teknopolis adalah sebuah wilayah modern baru yang memiliki konsep di mana tempat kerja, tempat tinggal dan tempat rekreasi berada dalam satu area. Rencananya proyek ambisius tersebut akan dipusatkan di Kawasan Gedebage.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, sudah sering memaparkan Bandung Teknopolis di hadapan dunia internasional. Sejumlah negara pun telah menyatakan minatnya untuk melakukan investasi di dalam proyek tersebut. Seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Singapura.
Pria yang akrab disapa Emil juga sempat memaparkan, berbagai kekuatan yang dimiliki Kota Bandung untuk mewujudkan Bandung sebagai kota berbasis teknologi terdepan di Tanah Air. Berdirinya Institut Teknologi Bandung (ITB) di kota dengan jumlah pendudukan sekitar 2,5 juta orang ini, dianggap menjadi salah satu kekuatan besar untuk mewujudkan Bandung Teknopolis. ITB dianggap sebagai ladang amunisi, Bandung dalam mencetak tenaga-tenaga ahli di bidang teknologi.
Apa itu Silicon Valley ?
ima222gesMenurut Wikipedia, Silicon Valley (Lembah Silikon) adalah julukan bagi daerah selatan dari San Francisco Bay Area, California Amerika Serikat. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor. Daerahnya termasuk San indexJose, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Alto, dll. Perusahaan-perusahaan yang sekarang menghuni Lembah Silikon, di antara lain adalah: Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, dan Yahoo!.
Nama Silicon Valley pertama kali digunakan oleh Ralph Vaerst, entrepreneur sukses di Central California. Penggunaan secara tertulis pertama kali oleh Don Hoefler, teman Vaerst, yang menggunakan nama ini sebagai judul sebuah artikel seri di koran mingguan Electronic News. Artikel seri ini berjudul “Silicon Valley in the USA” dan dimulai pada edisi 11 Januari 1971 . Nama Silicon Valley dipahami dan digunakan secara luas baru sejak tahun 1980an, berkaitan erat dengan pengenalan produk IBM PC, dan banyak hardware dan software yang terkait, kepada konsumer. Kata Valley berasal dari Santa Clara Valley, yang berlokasi di ujung selatan San Francisco Bay, dan kata Silicon berasal dari tingginya konsentrasi perusahaan yang terlibat dalam industri semikonduktor (silikon digunakan untuk membuat produk semikonduktor komersial) dan komputer di area tersebut. Perusahaan-perusahan tersebut perlahan-lahan menggantikan perkebunan yang merupakan asal nama awal daerah ini, the Valley of Heart’s Delight.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s