5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Standar

perut buncit jadi langsing Obat-netCara mengecilkan perut yang buncit dapat berguna jika Anda mulai merasa perut anda membuncit. Apakah Anda selalu mengenakan pakaian hitam atau pakaian longgar lantaran tidak percaya diri dengan kondisi perut yang membuncit? Atau Anda tak percaya diri memakai bikini saat berjemur di pantai karena perut menggelambir karena lemak ?
Selain masalah penampilan, ada hal lain yang perlu Anda waspadai soal perut buncit.
Lemak di area perut lebih berbahaya dibandingkan lemak panggul dan lemak paha. Lemak yang disebut lemak visceral ini bisa menimbulkan peradangan sehingga muncul plak pada arteri.

Bahaya lemak visceral yang lainnya adalah risiko lebih besar thterkena penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, gangguan metabolisme.
th1Ingin mengetahui seberapa besar risiko Anda? Hitung berat badan dengan rumus BMI (Body Mass Index). Lalu, ukur lingkar pinggang dari atas tulang pinggul. Lingkar pinggang wanita sebaiknya tidak lebih dari 80 cm dan lingkar pinggang laki-laki sebaiknya tidak lebih dari 90 cm.
Mengecilkan perut buncit bukanlah hal yang mudah dan bisa cepat dilakukan. Tapi, bukan berarti tak ada jalan keluar. Anda bisa mencoba 5 cara mengecilkan perut buncit berikut ini:
1. Cardio dan latihan kekuatan
Mempertahankan berat badan yang sehat adalah salah satu cara mengecilkan perut yang penting. Cardio dan pelatihan tubuh yang kuat akan membantu Anda membakar kalori dan menjaga tubuh tetap ramping. Anda minimal harus melakukan 30 menit cardio setiap hari untuk membakar lemak perut.
2. Latihan Perut
Melatih otot-otot merupakan hal yang penting. Lakukanlah pelatihan otot perut bagian atas, bawah, dan sisi samping. Misalnya, sit-up yang dilakukan dengan berbagai variasi.

3. Makan Sehat
Semua latihan cardio dan sit-up akan sia-sia jika Anda makan makanan tidak sehat atau memakan terlalu banyak kalori. Jadi, perbanyaklah konsumsi buah-buahan, sayuran, serat, dan biji-bijian.

Cara mengecilkan perut buncit lainnya adalah mengimbangi pola makan dengan asupan bernutrisi yang rendah lemak dan kaya serat seperti gandum, sereal, dan kacang-kacangan.
4. Hindari makanan ini
Bila Anda mencari cara mengecilkan perut buncit, Anda harus menghindari konsumsi natrium (garam), alkohol, dan soda yang bisa menghambat proses pembakaran lemak perut Anda. Soda, termasuk diet soda, mengandung banyak gula dan kalori sehingga bisa membuat perut buncit.
Minuman beralkohol seperti bir juga mengandung banyak kalori. Nah, saat Anda meminum bir, liver bekerja membakar alkohol dan bukan lemak sehingga perut pun makin buncit. Konsumi garam yang berlebihan juga bisa membuat cairan tubuh berpindah dari aliran darah ke kulit Anda.
5. Hidrasi
Minum banyak air yaitu minimal 8 gelas setiap harinya akan membantu Anda menghindari kembung dan bengkak serta menghilangkan rasa sakit pada otot. (PR)

Ditinjau oleh dr. T. Ari Wibowo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s