Ajaib, ini Cara Cas HP Tanpa Charger

Standar

charger-hapeTRIBUN-TIMUR.COM – Para pengguna gadget biasanya hanya mengetahui cara mengisi baterai ponsel dengan charger. Selain itu, langkah lainnya adalah dengan menggunakan power bank, bila sedang bepergian dan sulit menemukan sumber listrik.
Namun siapa sangka, masih ada ide kreatif lainnya untuk mengisi daya? Dikutip dari Price Area, Berikut kami infokan lima cara sederhana mengisi baterai ponsel tanpa charger yang bisa Anda lakukan tanpa susah payah. Kemungkinan dengan adanya teknologi baru ini, Anda bakal tidak perlu membeli charger handphone karena dengan inovasi ini sudah cukup praktis mudah dilakukan

1. Menggunakan Urine
Sejumlah ilmuwan dari Bristol Robotics Laboratory dan University of Bristol menemukan sebuah ide yang disebut Microbal MFC. Idenya mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda, karena untuk mengisi daya baterai, mereka menggunakan urine sebagai sumber daya.
Para ilmuwan ini berhasil menciptakan metode untuk menumbuhkan sejenis bakteri bermanfaat yang dapat dimanipulasi untuk merubah urin menjadi zat ceramic cylinder, yang diyakini dapat menghasilkan energi listrik statis. Energi ini akhirnya ditampung dalam kapasitator sebelum dialirkan ke baterai ponsel.
Ke depannya mereka akan memikirkan bagaiman penemuannya ini dapat dikemas secara praktis, sehingga dapat dimanfaatkan bagi keperluan massal.
2. SolePower, Mengecas Sambil Berjalan
SolePower merupakan proyek inovatif yang dikampanyekan melalui situs Kickstarter, hasil riset oleh dua orang mahasiswa teknik bernama Matthew Staton dan Hana Alexander dari Carniege Mellon University, Pennsylvania, Amerika Serikat.
Awalnya kedua mahasiswa tersebut merancang SolePower hanya untuk menyalakan LED pada bagian bawah sepatu sebagai senter. Namun, akhirnya mereka berdua memutuskan untuk mengembangkan penemuan mereka ini untuk kebutuhan yang lebih luas.
Cara kerjanya adalah sol khusus yang digunakan di dalam sepatu akan menangkap energi kinetik dan menyimpannya dalam cadangan baterai eksternal. Dengan memanfaatkan setiap langkah pengguna sekitar 2,5 mil atau 4km, sol ini mampu mengisi baterai ponsel berkapasitas 2.100 mAh.
3. Charger yang Bersumber dari Panas Tubuh
Vodafone, sebuah perusahaan teknologi asal Inggris, pun turut menyumbangkan cara kreatif sekaligus unik dalam mengisi baterai ponsel. Bekerjasama dengan sejumlah ilmuwan dari University of Southhampton, mereka akhirnya menemukan The Power Pocket Charger yang hadir dengan desain sangat unik, yaitu berupa sebuah saku celana dan kantong tidur (sleeping bag).
Saku celana dan kantong tidur terbuat dari sebuah bahan termokopel yang merupakan bahan termoelektrik yang sangat fleksibel dan efektif menghantarkan panas. Cara kerjanya hanya dengan memanfaatkan suhu panas tubuh pengguna yang dialirkan melalui lapisan dalam termokopel saku celana atau kantong tidur, kemudian mengubahnya menjadi tenaga listrik yang digunakan untuk mengisi ulang daya baterai.
4. Charger Kompor PowerPot
Kompor sebelumnya hanya diketahui untuk memasak, tapi kompor buatan studio Brooklyn ini memiliki manfaat lain. Kompor bernama PowerPot diciptakan dari sebuah generator thermoelectric yang disematkan dalam panci yang juga bisa digunakan untuk memasak. Di bawahnya ada sebuah slot USB yang bisa menghasilkan listrik sebesar 5 – 10 watt.
PowerPot tengah mengumpulkan dukungan untuk memasuki proses produksi massal dan dipasarkan seharga US $ 149.
5. Charger dengan Memanfaatkan Sepeda
Bagi Anda pecinta olahraga sepeda, charger yang satu ini tentu bisa menjadi solusi mengisi daya baterai ponsel. Produk yang tengah mengumpulkan dana dari situs Kickstarter ini dibanderol seharga US$5.
Cara pakainya sederhana. Anda menggerakkan kaki saat bersepeda, kemudian sebuah kabel USB dan generator yang melengkapi sepeda ini akan mengubahnya menjadi daya bagi ponsel Anda. Tidak perlu khawatir, karena ada sebuah penyangga yang dapat digunakan untuk menyimpan ponsel tanpa mengganggu keasyikan Anda bersepeda.(pricearea.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s