Segelas jus tomat ampuh cegah kanker hingga penyakit jantung!

Standar

segelas-jus-tomat-ampuh-cegah-kanker-hingga-penyakit-jantungMerdeka.com Reporter : Kun Sila Ananda | Rabu, 7 Januari 2015 11:42
– Jangan remehkan buat tomat! Meski buah ini sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia, namun tak banyak yang mengetahui khasiat yang tersimpan di dalamnya. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi jus tomat setiap hari ternyata bisa memberikan banyak manfaat, mulai dari mengecilkan lingkar pinggang, mencegah peradangan, mencegah

penyakit jantung, kanker, hingga osteoporosis pada wanita.

Hasil penelitian ini diungkap oleh peneliti di Taiwan setelah mengamati data dari 30 wanita. Para wanita diminta untuk mengonsumsi 280 mL jus tomat yang mengandung 32,5 mg lycopene.

Konsumsi jus tomat ini diketahui berimbas pada pengecilan lingkar pinggang hingga 1,5 cm dan membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, mengonsumsi jus tomat juga berkaitan dengan menurunnya protein penyebab peradangan sebesar 22 persen dan meningkatkan tingkat adiponectin hingga 25 persen. Berdasarkan jurnal Nutrition, adiponectin adalah hormon yang berkaitan dengan pembentukan sel lemak dan mengatur sensitivitas insulin serta energi.

Selain mengandung banyak nutrisi, jus tomat juga mengandung lycopene, yaitu antioksidan yang memberikan warna merah pada buah ini. Lycopene merupakan antioksidan kuat yang diklaim bisa mencegah penyakit metabolisme, mencegah peradangan, menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah kanker, seperti dilansir oleh Daily Health Post (06/01).

Buah tomat dipenuhi oleh mineral dan vitamin seperti vitamin A, K, B1, B2, B3, B5, dan B6. Tomat juga mengandung beberapa mineral penting seperti zat besi, magnesium, dan fosfor. VItamin dan mineral ini tak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga untuk kulit dan rambut.

Berdasarkan penelitian dari Tufts dan Boston University, lycopene dalam tomat juga ampuh menurunkan risiko penyakit jantung serta jantung koroner hingga 30 persen. Jadi, jangan ragu untuk mulai membiasakan diri mengonsumsi segelas jus tomat setiap hari!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s