6 Obat Asam Urat yang Alami

Standar

6-obat-asam-urat-yang-alamiAsam urat adalah penyakit radang yang diakibatkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh sehingga kadar asam urat tersebut menumpuk. Walaupun terbilang tidak berbahaya, tapi asam urat sering kali dikeluhkan karena rasa nyeri yang cukup mengganggu. Misalnya, nyeri di sendi-sendi jari, siku dan lutut yang terasa sangat sakit dan terbakar, terutama di malam hari?
Meski penyebab asam urat beragam, tapi asam urat kebanyakan disebabkan kesalahan dalam pemilihan makanan.

Misalnya, memakan makanan dengan kadar purin yang tinggi seperti daging merah, ikan sarden, udang, bayam, kembang kol, tahu, dan tempe.

Oleh karena itu, obat asam urat yang terbaik adalah perbaikan pola makan.
Nah, berikut ini obat asam urat yang alami:
• Perbanyak minum air putih
Mengonsumsi air putih minimal 8 hingga 10 gelas per hari bertujuan untuk mengencerkan urine. Hal ini juga berfungsi untuk menghambat proses penumpukan asam urat yang berlebihan.
• Mengurangi makanan yang mengandung purin
Salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Anda sebaiknya mulai mengurangi makanan yang bersumber dari protein hewani, seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, jeroan, kambing dan ayam. Jika Anda ingin mengonsumsi protein, Anda dapat memilih protein murni, seperti putih telur, dan sumber protein yang mengandung sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.
• Menjaga berat badan
Menjaga berat badan adalah salah satu obat asam urat yang cukup ampuh. Bila Anda melakukan diet sehat dan diimbangi dengan olahraga, kandungan asam urat yang berlebihan bisa larut dan dibuang oleh tubuh. Namun, Anda tak perlu melakukan olahraga berat jika Anda merasa kesakitan. Cobalah beberapa olahraga ringan, seperti yoga, jalan kaki dan bersepeda. Meski ringan, Anda harus melakukan olahraga ini secara teratur setiap minggu.
• Makan makanan yang tepat
Salah satu cara menjaga berat badan sebagai pilihan obat asam urat yang alami adalah menjalani diet sehat. Anda bisa memulainya dengan memilih makanan yang termasuk karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran (bit, mentimun, daun selada, kentang, dan zucchini), dan produk susu yang rendah atau bebas lemak.
• Hindari yang manis
Obat asam urat yang alami adalah menghindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan fruktosa atau pemanis buatan dalam jumlah tinggi. Misalnya, soda dan jus kemasan. Akan tetapi, jus alami tanpa gula tentu saja boleh Anda minum.
• Stop minuman beralkohol
Tahukah Anda, meminum minuman beralkohol bisa menjadi penyebab asam urat. Bir, misalnya, mengandung kadar purin yang tinggi. Minuman beralkohol juga mengandung banyak kalori yang bisa menjadi penyebab berat badan naik. Jadi, hindarilah meminum minuman beralkohol sebagai obat asam urat yang alami.
Lalu, bagaimana jika asam urat Anda sudah termasuk parah? Anda sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat asam urat seperti indometasin (NSAID), naproxen, dan prednisone untuk mengurangi radang di daerah sendi, allopurinol sebagai penghambat produksi asam urat dalam tubuh sebelum sempat bermetabolisme, serta probenesid dan sulfinpyrazone yang berguna untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah melalui air kencing.
Semoga bermanfaat! (PA)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s