BAGAIMANA CARA ANDA MEMAKNAI KEBAHAGIAAN?

Standar

Muchtar A.F
muchtar
Arti kebahagiaan bagi setiap orang memang tidak selalu sama, karena kebahagiaan sering dipersepsikan sebagai keberhasilan atas sesuatu yang kita inginkan, berupa kesuksesan atau kesempurnaan hidup. Orang sakit mengira bahwa kebahagiaan ada pada kesehatan. Orang miskin mengira bahwa kebahagiaan ada pada kekayaan. Rakyat jelata mengira bahwa kebahagiaan ada pada kekuasaan. Padahal, tidaklah demikian.
Kebahagiaan yang hakiki ternyata ada pada hati yang senantiasa bersyukur. Sejatinya, tidak ada kesempurnaan yang bisa membuat kita bahagia,

tetapi kebahagiaan membuat hidup kita akan terasa sempurna. Setiap harapan dan kenyataan sebenarnya bisa membuat kita bahagia, karena diri kitalah yang bisa menentukan, menjadi sumber, dan merasakan kebahagiaan. Kalau demikian, apakah makna kebahagiaan yang sesungguhnya?
Bagi Anda para karyawan, bagaimana cara Anda memaknai kebahagiaan? Namanya juga karyawan, kerja berat sudah pasti. Salah sedikit bisa dicaci maki, loyalitas harga mati, tidak loyal dimutasi. Pulang cepat dimarahi, hidup kaya dicurigai, bertanya kapan naik gaji bisa diinterogasi. Pokoknya, jadi karyawan itu harus jujur dan hati-hati, jangan sampai tergoda korupsi.
Ketika Anda ingin mendapatkan kebahagiaan, tetapi Anda berasumsi bahwa Anda tidak mungkin memilikinya, maka pikiran Anda segera akan merespon dengan cepat untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar tidak bahagia. Semakin Anda mencari, semakin jelas dalam pikiran Anda bahwa Anda tidak layak mendapatkannya. Sehingga menjadi pencarian tiada akhir, atau akhirnya Anda putus asa dan memutuskan bahwa kebahagiaan itu tidak ada. Kalaupun ada, ternyata bukan untuk Anda.
10387617_10202510820643188_7821201899703505503_nKarena itu, berhentilah mencari kebahagiaan di luar diri Anda. Ketika Anda berhenti dari kesibukan mencari kebahagiaan di tempat lain, atau ketika Anda berserah diri kepada Tuhan, justru kebahagiaan akan muncul dari dalam diri Anda sendiri. Semua hal yang membuat kita tidak merasa bahagia sebenarnya juga bersumber dari diri kita sendiri. Mengapa hal ini bisa terjadi?
Sesungguhnya, kebahagiaan itu sangat sederhana. Jika kekayaan tidak membahagiakan orang-orang kaya, dan jika kemiskinan tidak juga membuat sedih orang-orang miskin, maka kebahagiaan tidak harus dari sesuatu yang bersifat materi. Jika Anda kalah dalam besarannya, maka menanglah dalam nilainya. Kebahagiaan juga tersedia bagi mereka yang menangis, dan mereka yang pernah disakiti hatinya. Karena hanya mereka itulah yang menghargai betapa pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidupnya. Kebahagiaan orang lain juga bisa menjadi bagian dari kebahagiaan kita. Nikmatilah.
Sesungguhnya, hidup ini sangat indah jika kita mau bersyukur. Hati dan pikiran menjadi terbuka, sehingga dapat menghayati betapa nikmatnya hidup. Keikhlasan adalah energi tertinggi yang akan memotivasi diri untuk bersinergi dengan rasa syukur dan kesabaran, sehingga melahirkan rasa bahagia. Adakalanya yang terindah bukanlah yang terbaik, dan yang sempurna juga tidak menjanjikan kebahagiaan. Tetapi ketika kita bisa ikhlas dalam berbagi dan ikhlas dalam menerima kekurangan, itulah kebahagiaan. Alangkah indahnya hari ini jika kita awali dengan wajah cerah dan senyum yang tulus. Insya Allah, hidup kita pun akan bahagia.

Bandung, 2 Nopember 2014

Wassalam,
Muchtar A.F
http://www.startc.co
http://www.trainingnlp.co
http://www.trainingmotivasi.co
http://www.muchtar-af.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s