Fakta Mengejutkan Otak Manusia

Standar

imagesReporter : Ervina | Senin, 29 September 2014 10:04
Selain sebagai organ paling vital, ternyata otak manusia juga menyimpan sejumlah keistimewaan. Apa saja fakta mengejutkan mengenai otak manusia?
Dream – Selama ini otak diketahui sebagai salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Namun keberadaanya terkadang kurang diperhatikan oleh ‘sang pemilik raga’ dibandingkan organ lainnya.
Selain sebagai salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia, ada sejumlah fakta mengejutkan yang belum diketahui mengenai otak. Boldsky merangkum beberapa fakta mengejutkan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya tentang otak.

Otak Lebih Aktif Saat Sedang Tidur
Jika anda berpikir otak akan berhenti bekerja pada malam hari, seperti anggapan tersebut harus segera dikoreksi. Sebenarnya otak merupakan salah satu organ manusia yang tidak pernah tidur, bahkan saat anda sedang bermimpi atau tidak. Otak tetap bekerja dan bahkan cenderung lebih aktif saat kita sedang terlelap.
Mampu Memprediksi Masa Depan
Ini merupakan salah satu fakta aneh yang hingga kini masih menjadi teka-teki di kalangan peneliti. Layaknya para filsuf, peneliti juga berusaha memahami kemampuan otak dalam meramalkan masa depan.
Bahkan sejumlah kejadian yang terjadi saat kita sedang bermimpi merupakan satu bentuk realita yang mungkin belum terjadi, hingga saat hal tersebut benar terjadi seseorang akan merasakan dejavu.
Sistem otak yang dinamakan Mid Brain Dopamine System memiliki sinyal yang dapat memprediksi kejadian, lengkap dengan tempat yang mungkin belum terjadi untuk memprediksi kejadian di masa depan.
Laki-laki Menggunakan Otaknya 10% Lebih Banyak
Inilah yang menjadi alasan mengapa laki-laki cenderung lebih rasional dibandingkan kaum perempuan saat sedang membuat sebuah keputusan. Dibandingkan kaum Hawa, kaum Adam kerap menggunakan 10 persen otaknya untuk berpikir dan mempertimbangkan banyak hal dalam hidup.
Tidak Dapat Merasakan Nyeri
Ini merupakan fakta aneh lainnya mengenai otak. Jika hampir semua organ tubuh dapat merasakan sakit, maka tidak demikian dengan otak. Pusat proses berpikir ini tidak dilengkapi dengan reseptor rasa sakit sehingga sekeras apapun benturan di bagian kepala, maka tidak ada pengaruhnya pada otak.
Unik
Tahukah anda jika ukuran otak antara satu orang dengan lainnya itu berbeda? Bahkan saudara kandung atau anak kembar sekalipun ternyata memiliki ukuran otak yang berbeda. Orang dengan ukuran otak yang lebih besar memiliki kemampuan untuk memahami dan menilai fenomena eksternal dari hidupnya.
Banyak Membutuhkan Energi
Jika dibandingkan bagian tubuh lainnya, otak merupakan organ yang paling banyak butuh asupan ‘makanan’. Otak membutuhkan energi untuk berpikir, membuat keputusan, hingga memberikan tugas ke organ lainnya untuk bekerja sesuai fungsinya.
Otak Remaja Belum Berkembang Seutuhnya
Hal inilah yang membuat remaja menjadi sosok yang mudah galau dan labil dalam menghadapi banyak hal. Tidak jarang setiap keputusan selalu dipengaruhi oleh kehadiran sosok teman-teman sebaya. Ya, pada kenyataannya sikap remaja hampir berkaitan erat dengan masa perkembangan yang tengah dilaluinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s