Buat Sambal Bajak dan Sambal Hijau untuk Beragam Hidangan

Standar

195554_sambal1Deani Sekar Hapsari – detikFood
Jakarta – Menyantap hidangan berbuka pastinya tak afdol tanpa sambal. Pedas gurihnya bisa menjadi pelengkap hidangan ataupun bumbu praktis untuk segala bahan makanan. Mulai dari nasi goreng, ati ampela, atau ayam goreng.

Beberapa sambal ini bisa Anda buat beberapa hari sebelum puasa untuk antisipasi harga cabai yang semakin naik mendekati ramadan. Yuk bikin!

1. Sambal goreng
Sambal ini jadi yang paling populer untuk diolah menjadi berbagai hidangan. Sambal goreng terbuat dari cabai merah besar, tomat, daun salam, lengkuas, bawang putih, bawang merah, dan sedikit gula jawa. Rasanya yang gurih pedas enak untuk membuat sambal goreng ati atau sambal udang petai.
2. Sambal bajak
Sambal dari Jawa Tengah ini mempunyai rasa manis yang cukup dominan. Beberapa bahan pembuatnya antara lain cabai, bawang putih, bawang merah, terasi, tomat, gula jawa, dan garam. Bahan lalu digoreng dengan minyak. Sambal enak dicocol dengan ayam goreng atau ikan bakar.
3. Sambal terasi
Cabai merah keriting, cabai rawit merah, garam, dan terasi jadi bahan utama pembuat sambal ini. Tak hanya cocok sebagai temannya lalapan dan ayam goreng, Anda bisa menggunakan sambal terasi sebagai bumbu nasi goreng. Sebaikny akukus cabai agar lebih tahan lama.
4. Sambal hijau
Sambal cabai hijau mempunyai rasa gurih dan pedas. Sambal ini menggunakan cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, dan putih. Setelah dikukus, bahan diulek kasar lalu diberi garam, gula, dan air jeruk nipis. Biasanya sambal ini disantap bersama bebek , ayam goreng, atau ditumis bersama teri.

Sambal hijau
Sambal cabai hijau (http://food.detik.com/read/2012/11/20/153224/2095898/366/resep-ayam-ayam-sambal-ijo) mempunyai rasa gurih dan pedas. Sambal ini menggunakan cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, dan putih. Setelah dikukus, bahan diulek kasar lalu diberi garam, gula, dan air jeruk nipis. Biasanya sambal ini disantap bersamabebek , ayam goreng, atau ditumis bersama teri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s