KONSUL DOKTER

Standar

10308098_801185266558559_3303642854107684441_nCopy kiriman Pak Suhirto di Face Book

Beda Perokok Sekarang dan Jaman Dulu (Wajib Baca dan Sharing)
Kata beberapa orang pasien yang susah banget disuruh berhenti merokok?
” Dok, simbah saya dulu perokok berat, pakai menyan juga, tapi hidupnya bisa sampai 90 tahun lebih? apa rokok masih disalahkan sebagai sebab kematian?”
Pertanyaan seperti itu sama halnya seperti pertanyaan yg diajukan seorang anak TK pada gurunya? “Bu guru, boleh tidak kalau aku ngerokok, soalnya ayah dirumah juga ngerokok, kayanya enak banget, walau keliatannya bapak suka batuk2 dan sesak nafas”
Sebagai seorang perokok apakah anda ingin melihat anak anda kelak menjadi seorang perokok? apakah anda yakin akan mewarisi usia kakek anda yang dapat mencapai lebih dari 90 bahkan 100 tahun.

Mungkinkah??? semetara para pendahulu kita memiliki kebiasaan gaya hidup yang sangat berbeda jauh dengan kita di jaman sekarang.
Coba kita perhatikan perbedaan yang cukup mendasar antara kehidupan kakek dan kita dimasa kini:
1. Orang jaman sekarang bepergian kebanyakan naik motor, mobil, dan angkutan umum. Sementara orang jaman dulu sering hanya jalan kaki dan bersepeda. Jelas kekuatan dan ketahanan fisik orang jaman duolu lbh bagus dari kita dimasa kini.
2. Orang jaman sekarang banyak makan fast food yg mengandung gula dan garam tinggi, pengawet, dll. Orang jaman dulu lbh banyak konsumsi sayur-sayuran alami. Jelas sumber makanan yang bersifat toksik dan karsinogenik lbh banyak yang diserap tubuh kita.
3. Sayuran jaman ini sudah terkontaminasi pestisida. Sayuran jaman dahulu bebas pestisida.
4. Polusi udara dari kendaraan bermotor dan pabrik hari ini sangat membahayakan kesehatan. Sedangkan jaman dulu udara masih bebas dari polusi krn jumlah kendaraan bermotor dan pabrik sedikit.
5. Jaman sekarang banyak orang mengalami stress akan permasalahan kehidupan dan pekerjaan. Orang jaman dulu lbh santai, dan seolah tidak dikejar-kejar tuntutan akan materi, yang penting makan ga makan asal kumpul.
6. Tuntutan hidup membuat orang kerja keras tak kenal lelah, kerja lembur tak kenal waktu hingga kurang tidur (istirahat), sementara kebanyakan orang dulu kerja diladang dan jika sudah waktunya istirahat mereka kembali ke rumah.
7. Polusi air dan tanah akibat limbah pabrik dan sampah rumah tangga yang memenuhi sungai dan bumi kita. Bandingkan dengan sungai jaman dahulu yg begitu bersih dan sumber air belum tercemari.
8. Ditemukan berbagai jenis penyakit baru dimasa kini Hiv-aids, flu burung, MERS, dll. Yang dapat menyerang kekebalan tubuh kita yang hidup dimasa sekarang.
Banyak hal yang mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. banyak perubahan yg sudah terjadi pada alam dan kebiasaan gaya hidup kita dimasa sekarang. Begitu pula berbagai jenis penyakit juga berkembang seiring dengan perubahan-perubahan tersebut.
Jangan bandingkan tingkat kekebalan tubuh manusia sekarang lebih baik dari orang jaman dahulu. Apa yang kamu makan, yang kita minum dan hirup saat ini sangat jauh berbeda dengan kebiasaan para pendahulu kita.
Itulah yang mendasari alasan kenapa rokok semakin meningkatkan berbagai faktor kemungkinan kita terserang penyakit-penyakit akibat rokok seperti penyakit jantung, penyakit gangguan saluran pernafasan, stroke, diabetes, hingga penyakit kanker.
Masihkan anda meyakini bahwa tubuh anda lebih sehat dari para sesepuh anda? Jika iya silahkan lanjutkan merokok, tapi jika anda sayang dan merasa tubuh anda sudah semakin lemah maka segera tanamkan kesadaran untuk berhenti merokok mulai dari diri anda dan lingkungan sekitar. Jangan terlalu jauh menyalahkan pabrik rokok ataupun penjual-penjual rokoknya.
Anak anda adalah cerminan diri anda. Putus generasi merokok dengan memberikan contoh yang baik bagi anak anda. Jadilah ayah yang hebat dengan tidak meracuni mereka dengan asap rokok yang anda hirup.
Salam,
dr. Wahyu Triasmara (May 19 2014)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s