Cacing Tanah Terbesar Sedunia Ada di Australia

Standar

cacing tanahKetika melihat binatang ini mungkin akan berpikir dia adalah ular, namun bukan. Dengan bentuk panjang seperti ular dewasa nyatanya dia adalah cacing tanah. Ya, cacing tanah ini merupakan yang terbesar.

Spesies tersebut dinamai Giant Gippsland yang ditemukan di Gippsland, Australia. Jenis itu sudah diakui sebagai spesies cacing tanah terbesar sedunia. Jika direntangkan maka panjangnya bisa mencapai 2 meter meski biasanya “hanya” 77 cm dengan ketebalan 2,54 cm.

Meski ukurannya besar namun cacing tanah ini sulit untuk ditemukan karena lebih banyak hidup di dalam tanah. Tanah dengan kandungan air banyak memudahkan mereka bernafas sehingga mereka hidup di lapisan 3-5 kaki dari permukaan. Biasanya mereka muncul di permukaan ketika hujan deras atau ditemukan di longsoran tanah.

Giant Gippsland memiliki struktur tubuh yang lembut sehingga sedikit tekanan dapat membunuhnya. Namun jika Anda berjalan di atas habitatnya maka mereka akan mengeluarkan bunyi-bunyian cukup keras untuk didengar.

Telur Giant Gippsland cukup besar dan butuh waktu setahun untuk menetas. Ketika menetas sudah seukuran 15 cm dan mencapai ukuran maksimal setelah 5 tahun. Meski belum diketahui pasti namun cacing ini kemungkinan usia hidupnya 20 tahun.

Saat ini keberadaan Giant Gippsland semakin langka karena berkurangnya habitat dan rendahnya kecepatan reproduksi. Badan Konservasi Internasional telah memasukkannya ke dalam Red List atau nyaris punah sehingga wajib dilindungi. (wk/mr)

Sumber: Palingseru.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s