Wanita Ini Ciptakan Arus Listrik Tanpa Kabel

Standar

witricityBayangkan ada rumah yang tidak perlu kabel sama sekali untuk berbagai alat elektroniknya. Arus listrik bisa mengalir ke seluruh penjuru rumah melalui udara.

Semacam WiFi yang tidak terlihat tapi bisa memberikan sambungan internet. Wanita ini tidak perlu membayangkan hal itu karena sudah berhasil mewujudkannya.

Pertama kali Katie Hall berhasil mengaliri listrik tanpa kabel ini saat melakukan percobaan dengan menempelkan kumparan tembaga raksasa (seperti yang ada di belakang kulkas) di tiap sudut ruangan. Nah, bola lampu yang disimpan di lantai ruangan itu bisa menyala tanpa kabel sama sekali.

Katie pun mencoba berjalan-jalan di ruangan tersebut sambil beberapa kali melewati bola lampu tersebut, dan bola itu tetap menyala. Dari situ ia bertekad menciptakan listrik yang bisa disalurkan tanpa kabel.

“Kami berniat mengalirkan listrik tanpa kabel sama sekali. Secara teknis bukan berarti listrik ini terbang di udara. Tapi kami menciptakan area yang bermagnet untuk mengalirkan arus,” kata Katie yang saat ini menjabat sebagai Direktur Teknologi WiTricity, perusahaan pengembang arus listrik tanpa kabel, Seperti dikutip dari CNN, Selasa (18/3/2014).

Cara kerja listrik tanpa kabel adalah seperti ini: WiTricity membangun “Source Resonator” sebuah alat terbuat dari kumparan tembaga listrik yang bisa menghasilkan magnet ketika diberi daya.

Jika satu kumparan disimpan di dekatnya, akan ada arus magnet yang mengandung listrik di dalamnya tanpa perlu kabel sama sekali.

“Jika ada alat elektronik di area bermagnet itu, maka bisa menyerap daya listriknya, dengan begitu kita bisa mengirim listrik tanpa kabel,” ujarnya.

Jangan takut kesetrum. Katie menjamin area bermagnet penuh listrik itu hanya mengirim listrik ke alat yang bisa menerima listrik. Jadi daya magnetnya sangat aman seperti alat pemancar Wi-Fi.

Ia berharap, di masa depan, rumah orang-orang di seluruh dunia tak perlu lagi repot dengan berbagai kabel. Energi listrik bisa disalurkan dengan gampang semudah memasang internet nirkabel.

Jika semua menjadi nyata, nanti ponsel Anda akan mengisi daya dengan hanya berada di dalam rumah, televisi bisa dipindah dengan mudah, dan mobil listrik bisa mengisi daya saat parkir di garasi.

WiTricity sudah pernah mencoba melakukan ini dengan memasang kumparan resonator di batere laptop, ponsel, aki mobil, dan televisi. Hasilnya? Listrik mengalir dengan sempurna. detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s