Tanpa Judul

Standar

Tulisan Bapak Sadhono Hadi
1238049_foto sadonohadiTemens,
Ada sebuah buku. Halaman depan buku itu sudah ada, indah. Hari kelahiran kita. Halaman demi halaman sudah di cetak dan sayangnya sudah tidak mungkin di edit lagi. Ada buku yang sangat tebal, berisi lembaran-lembaran beraneka ragam kehidupan kita. Namun ada juga yang sangat tipis, tidak banyak yang bisa kita harus tulis dalam buku kita. Tentu saja tebal tipisnya buku tidak berkaitan dengan indahnya isi buku. Ada yang sekalipun tipis tapi sangat sejuk dibaca, namun ada juga yang tebal tapi sangat menyebalkan saat terbaca.

Temens,
Halaman belakang buku kita adalah tanggal kematian kita. Nah, masih tersisa lembaran dan halaman-halaman yang masih kosong yang menanti tulisan kehidupan yang akan kita jalani. Saya tidak tahu, berapa halaman lagi lembar kosong yang masih ada? Itu rahasia Illahi. Bayangkan, andaikata kita tahu berapa lagi halaman kosong yang masih harus kita jalani. Pastilah lembar-lembar akhir akan kita isi dengan kisah-kisah indah, bahkan mungkin dengan tinta emas. Atau, mungkin karena UJUNG JALAN masih jauh, kita nikmati dahulu sorganya dunia dengan nyaman dan menggemaskan ini.

1012507_kampung pk sadonoTemens,
Setiap tahun, kita diingatkan dengan mile-stones, patok-patok ulang tahun. Patok ini semacam signal alarm, bahwa makin berkurang juga lembaran kosong yang masih tersedia. Do’a, tiupan lilin, nasi kuning dan ucapan selamat, semoga makin memperkeras bunyi dering alarm di telinga kita untuk bangkit membersihkan patok-patok yang mungkin kusam berdebu terlena oleh nikmat ragawi. Setiap hari 86.400 detik berlalu. Setiap ulang tahun, 31 juta detik kembali telah berlalu. Ya Rabb, ampunilah hamba Mu yang kurang bersyukur dan angkuh ini. Ya Allah, sayangilah hamba Mu yang lemah rendah dan goyah ini …

(Plumbon, 13 September 2013, nukilan dari rumahkudidesa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s