Makan Bawang Putih Kurangi Risiko Kanker Paru

Standar

bawang paruPenelitian menemukan, secara teratur makan bawang putih yang masih mentah selama dua kali dalam seminggu membantu mengurangi risiko terkena kanker paru-paru sebesar 44%.

Bahkan ketika orang dewasa diperbolehkan tetap merokok, yang merupakan penyebab terbesar kanker paru-paru, penelitian yang dilakukan di Cina itu menemukan bahwa dengan dibarengi makan bawang putih bisa mengurangi risiko bahaya sekitar 30%.

Pada penelitian sebelumnya, bawang putih dianggap dapat melindungi paru-paru terhadap berbagai kondisi, serta menangkal keganasan lainnya seperti kanker usus.

Sementara studi di Universitas South Australia menyarankan ramuan itu karena bisa memangkas risiko tumor usus hampir sepertiga.

Dalam penyelidikan terbaru, para ilmuwan di Provinsi Jiangsu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit membandingkan 1.424 pasien kanker paru dengan 4.500 orang dewasa yang sehat.

Masing-masing ditanyai tentang kebiasaan diet dan gaya hidup mereka, termasuk seberapa sering mereka mengkonsumsi bawang putih dan apakah mereka merokok.

Hasilnya, laporan yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Cancer Prevention Research, menunjukkan mereka yang makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker paru-paru.

Bahkan jika mereka adalah perokok atau terkena suhu tinggi asap minyak goreng, yang dianggap pemicu untuk penyakit ini.

Namun tidak dijelas apakah bawang putih yang dimasak memiliki efek yang sama. Tetapi penelitian sebelumnya menunjukkan kandungan utama pada bawang putih yaitu allicin yang memiliki peran utama.

Seperti dilansir daridailymail, zat ini dianggap dapat meredam peradangan dalam tubuh dan bertindak sebagai antioksidan, mengurangi kerusakan yang diakibatkan radikal bebas pada sel-sel tubuh.

sumber: inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s