27 Bulan mengorbit Planet Uranus

Standar

uranusCALIFORNIA – Ilmuwan menemukan bahwa Uranus memiliki 27 bulan yang mengorbit. Ukuran diameter bulan milik Uranus ini bervariasi, mulai dari 1.579 kilometer hingga yang paling kecil 18 kilometer.
Dilansir Space, Kamis, (1/8/2013), Uranus memiliki 27 bulan yang teridentifikasi. Nama bulan yang paling besar, Titania, memiliki lebar diameter 1.579 kilometer atau 981 mil. Sementara bulan yang paling kecil bernama Cupid, yang memiliki diameter 18 kilometer (11 mil).
Menurut International Astronomical Union, semua bulan atau satelit milik Uranus ini diberi nama dari karakter dalam karya William Shakespeare atau karakter dari Alexander Pope’s ‘Rape of the Lock’. Astronom mengetahui lima bulan Uranus sebelum pesawat luar angkasa Voyager 2 diluncurkan pada 1977.
Pesawat luar angkasa tersebut kemudian menemukan 10 bulan lainnya ketika berada di orbitnya pada 1986. Sejak itu, tidak ada pesawat luar angkasa yang diterbangkan Uranus dan ilmuwan telah meningkatkan kemampuan teleskop serta teknologi dan teknik untuk menemukan bulan Uranus baru.
Temuan bulan terbaru milik planet yang ada di urutan ke tujuh dalam sistem tata surya ini, yakni bulan Mab, Cupid dan Margaret yang dikonfirmasi pada 2003. Sedangkan dua bulan yang pertama ditemukan yakni Oberondan Titania dikonfirmasi pada 1787 oleh penemunya, astronom William Herschel asal Inggris.
Peneliti yang mengamati Oberon mengungkap bahwa bulan ini memiliki kandungan es dan batu dengan kawah yang tersebar di permukaannya. Sementara Titania, memiliki jalur patahan yang bergerak di permukaan, sehingga menandakan bahwa bulan tersebut memiliki aktivitas seismik (gempa) masa lalu dan kini.
William Lassel, astronom Inggris menemukan Umbriel, yang merupakan bulan Uranus yang terbesar dan tergelap di 1851. Ilmuwan belum mengetahui apa yang menyebabkan bulan tersebut menjadi sangat gelap. Hanya saja, Umbriel diketahui memiliki cincin terang di permukaannya dengan diameter sebesar 90 mil atau 140 kilometer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s