Banyak Manfaat yang Bisa Dihasilkan Urine

Standar

20121005_Tes_Urine_Mahasiswa_2337TRIBUNNEWS.COM – Sekelompok peneliti di Cina berhasil menggunakan sel di urine manusia, untuk menumbuhkan gigi. Dalam percobaan, mereka berhasil menumbuhkan gigi pada ginjal tikus.
Penelitian yang diketuai Duanqing Pei dari Chinese Academy of Sciences in Guangzhou, mengubah sel yang dikumpulkan dari urine, menjadi apa yang disebut dengan pluripotent stem cells, yang bisa menjadi sel apapun di tubuh.
Sel ini kemudian dicampurkan dengan jaringan gigi dari embrio tikus, dan ditanamkan di ginjal tikus.
Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Cell Regeneration, seluruh proses ini selesai dalam hitungan pekan. Rinciannya, beberapa hari untuk menginkubasi sel, dan tiga minggu untuk menumbuhkan mereka di ginjal.
Namun, gigi yang tumbuh bukanlah gigi normal. Karena, gigi tersebut lembut, cacat, dan tidak benar-benar tersambung ke rahang manusia.
Peneliti lain juga telah menunjukkan cara kreatif dan mengejutkan untuk memanfaatkan kembali ’emas cair’ yang kita buat setiap hari, seperti berikut ini:
– Urine sebagai bahan bakar
Pada ajang Maker Faire for innovator 2012 di Lagos, Nigeria, tim yang terdiri dari tiga pelajar, berhasil membuat generator cadangan yang bisa bekerja dengan bahan bakar urine manusia.
Perangkat ini menggunakan sel elektrolitik untuk memecah molekul-molekul yang ditemukan di urine, serta mengekstraknya menjadi hidrogen murni.
Hidrogen kemudian diantarkan melalui silinder boraks, untuk menghilangkan kelembapan yang ada, kemudian dikirimkan ke generator.
Para pelajar kemudian menggunakan katup satu arah untuk mengurangi risiko ledakan dari hidrogen. Hasilnya, satu liter urine bisa memeroduksi listrik hingga enam jam.
Peneliti lain dari Bristol Robotics Laboratory juga telah mengamati urine sebagai sel bahan bakar. Bedanya, mereka menggunakan mikroba untuk mengurai molekul di urine dan memeroduksi listrik.
– Urine sebagai obat-obatan
Kencing ke gelas umumnya dilakukan untuk diagnosis, bukan pengobatan. Tapi, saat peneliti menganalisa urine dari wanita menopause, mereka menyadari bahwa mereka bisa mengekstrak sebuah obat yang sangat penting dan berpotensi menguntungkan, yakni obat untuk mengatasi kemandulan.
Saat wanita mendekati masa menopause, ovarium mereka mulai menjadi tuli akan panggilan bulanan dari hormon. Kelenjar di bawah otak kemudian merespons dengan mengeluarkan lebih banyak hormon, yang pada akhirnya menstimulasi sel telur untuk tumbuh dewasa di ovarium.
Level hormon-hormon tersebut umumnya rendah pada wanita subur, dan memberikan ide cerdas bagi para ilmuwan untuk mengumpulkan urine dari wanita menopause, dan mengekstrak serta menyaring hormon yang sangat berharga. Akhirnya, ditemukanlah obat kemandulan Menopur dan Pergonal.
– Urine sebagai kompos
Saat peneliti mengombinasikan kompos dengan urine manusia, mereka menemukan bahwa mereka telah membuat pupuk yang lebih hebat dibandingkan kompos.
Trik ini tampaknya disebabkan oleh nitrogen yang ada di urine, yang membantu mendongkrak pertumbuhan tanaman.
Meski tidak sebagus pupuk yang dijual secara komersial, urine tersedia secara gratis dan berpotensi menjadi pupuk yang lebih terjangkau serta ramah lingkungan.
– Urine sebagai air
Sudah sejak lama orang meminum urine, umumnya untuk alasan kesehatan. Tapi, NASA telah mengembangkan sistem penyaringan untuk mengubah limbah cair manusia seperti keringat dan urine, menjadi air bersih untuk diminum.
Forward Osmosis Bag (FOB) dibuat agar astronot punya sumber air minum tambahan saat di ruang angkasa.
Namun, FOB juga bisa digunakan di luar ruang hampa udara. Jika skala teknologi tersebut ditingkatkan, ia bisa membantu menyediakan air minum tambahan bagi seluruh dunia. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s