Ini Tips Bila Ingin Memakai Ban Tubeless

Standar

Minggu, 21 Juli 2013 10:22 WIB
Share
Ban-tubelessTRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA – Saat ini, para pengguna sepeda motor sudah banyak yang menggunakan ban tubeless. Namun bisa jadi diantara para pemakai yang belum paham tentang pemakaian dan perawatan ban jenis ini.
Bahkan masih ada yang punya penafsiran keliru, bahwa tubeless lebih baik. ”Semua tergantung penggunaannya. Tidak selamanya ban tubeless lebih bagus, kalau pemakaiannya salah, justru merugikan. Ada beberapa yang direkomendasikan pakai ban tubeless,” ujar Raymond Sinaga, pemilik toko ban Jaya Abadi, di Jalan Veteran Raya, Bintaro, Jakarta Selatan.
Satu lagi yang menurut Raymond banyak orang salah kaprah, yakni ban tubeless tidak bisa bocor. Yang benar adalah ban tubeless tidak langsung kempes kalau terkena “ranjau”. Bila sudah begitu, tetap saja ban harus segera dibawa ke tukang tambal.
Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh para pengguna terkait ban ini. Pertama mengenai kekerasan, ban tubeless lebih keras dibanding ban biasa karena struktur lapisan karet lebih tebal dan padat. Sehingga jika Anda sering melewati jalan rusak atau tidak rata, lebih baik menggunakan ban biasa.
Memaksa pakai tubeless justru dalam jangka waktu tertentu, pelek dan ban cepat rusak karena benturan. ”Lihat motocross, mana ada yang pakai ban pacul tubeless?” kata Raymond. Ban tubeless lebih cocok dipakai di perkotaan dengan jalan mulus. Untuk bermanuver atau menikung, ban ini lebih ”nge-grip” dan stabil pada kecepatan tinggi.
Kedua untuk jenis pelek. Ban tubeless ternyata hanya bisa dipasangkan untuk pelek racing, lebih cocok lagi peleknya butuh ban tapak lebar. Pelek jari-jari hanya bisa untuk ban biasa. Bebek atau skutik sebenarnya lebih cocok menggunakan ban biasa, karena bobot ban tubeless akan jauh mengurangi performa.
Ketiga, pertimbangkan harga. Kalau tidak terlalu menjadi kebutuhan, ban tubeless yang lebih mahal ketimbang ban biasa lebih baik dihindari. Karena menggunakan ban biasa pun banyak nilai lebihnya. Rata-rata, beda harga antara ban biasa dengan tubeless antara 30-50 persen. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s