Apa yang Terjadi Bila Matahari Mati?

Standar

20110819_Sunset_Ramadhan_Di_Pantai_Losari_TRIBUNNEWS.COM – Jika Anda menyimpan secangkir kopi panas di kulkas, maka kopi tidak akan langsung menjadi dingin.
Sama juga dengan planet Bumi. Jika Matahari kita tiba-tiba ‘mati’, maka Bumi tidak akan langsung dingin, tapi melalui proses beberapa juta tahun.
Hanya, dalam proses ini suhu Bumi akan turun drastis sampai nol derajat Fahrenheit (sekitar minus 18 derajat Celcius) dalam satu minggu. Sebuah skenario yang mengerikan jika ini terjadi.
Dalam setahun, suhu di Bumi akan turun sampai minus 100 F. Permukaan laut akan membeku. Tapi, es di permukaan akan menahan air samudra di bawah, sehingga samudra baru akan beku dalam ribuan tahun.
Sejuta tahun setelah Matahari mati, maka suhu akan mencapai minus 400 F. Temperatur ini sama dengan panas yang dikeluarkan Bumi ke luar angkasa.
Profesor ilmu planet di California Institute of Technology David Stenson menjelaskan, beberapa mikroorganisme di Bumi akan bertahan hidup.
Namun, sebagian besar kehidupan akan mati dalam beberapa minggu. Pohon-pohon besar masih bisa hidup selama beberapa tahun, karena metabolisme yang lambat.
Dengan menurunnya suhu Bumi secara drastis, proses fotosintesis akan berhenti sama sekali, dan tanaman lain akan mati, sebab Matahari sudah tidak ada.
Sebagian besar binatang akan musnah. Manusia bisa hidup di bawah tanah dengan bantuan nuklir sebagai pemanas atau tenaga gas bumi.
Selama ratusan tahun, manusia bisa hidup di bawah tanah dengan teknologi. Andai Matahari mati, maka gravitasinya hilang dan planet Bumi akan luntang-lantung di luar angkasa.
Ini hanya skenario. Sebab, ada teori lain yang mengatakanMatahari akan membesar luar biasa sehingga planet Bumitertelan. Salah satu solusi bagi manusia adalah mencari planet lain yang bisa ditinggali, demi kelangsungan hidup manusia. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s