Isi Ulang Baterai Hanya Dalam 20 Detik

Standar

khareSenin, 20/05/2013 – 16:03
INTEL/”PRLM”
EESHAKhare dari Saratoga, California, AS menerima hadiah Intel Foundation Young Scientist Award sebesar US$ 50.000 untuk penemuan perangkat penyimpan energi.*
PHOENIX, (PRLM).- Seorang remaja California, AS telah menarik perhatian raksasa teknologi Google untuk penemuannya yang revolusioner, alat yang bisa mengisi ulang ponsel dalam waktu 20 detik.
Perangkat isi ulang super cepat ini telah dijuluki superkapasitor oleh penemunya Esha Khare (18) dari Saratoga, saat ia membawa pulang hadiah sebesar US$ 50.000 dari Intel International Science and Engineering Fair yang berlangsung di Phoenix minggu ini.
Perangkat isi ulang tradisional mengisi ulang ponsel dalam beberapa jam, namun alat temuan Khare memiliki lebih banyak energi dalam ruang yang lebih kecil dengan masa pakai yang lebih lama.
Sejauh ini, Khare hanya menggunakan superkapasitornya untuk menyalakan lampu LED, namun dia melihat masa depan yang cerah, suatu saat akan melihat penemuannya bisa menyalakan ponsel, mobil, dan gadget dan apapun yang membutuhkan isi ulang baterai.
Khare mengatakan kepada CBS San Francisco bahwa ini hanya awal dan dia akan “menyalakan dunia” dari sini. “Baterai ponsel saya selalu mati,” katanya kepada NBC News ketika ditanya apa yang menginspirasinya untuk bekerja pada teknologi penyimpanan energi.
Spesialisasi dalam kimia-nano memungkinkan Khare mengurangi ukuran penemuannya. “Benar-benar bekerja pada skala nano untuk membuat kemajuan signifikan dalam berbagai bidang. Alat ini juga fleksibel, sehingga dapat digunakan dalam display yang bisa digulung, pakaian, dan kain,” tambah Khare.
Superkapasitor ini fleksibel dan kecil, mampu melakukan 10.000 kali isi ulang, lebih dari baterai normal dengan faktor 10.
Google telah melakukan kontak dengan Khare untuk mengeksplorasi bagaimana ia berencana untuk mengubah masa hidup baterai telepon seluler. (Aya/A-147)***
• HORISON

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s