Rahasia panjang umur hingga 100 tahun

Standar

panjang umurMengutip kiriman Pak Suhirto di Face Book

Baru-baru ini, seorang ahli jantung dari Kanada, Dr Clyde Yancy ada beberapa cara mudah untuk meningkatkan harapan hidup manusia. Cara tersebut diklaim dapat mengurangi risiko penyakit mematikan, sehingga seseorang bisa hidup lebih lama dan berkualitas.

Berikut adalah tujuh perubahan kecil yang membuat Anda hidup hingga 100 tahun, seperti dilansir Telegraph.

1. Olahraga
Jarang melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya dapat mengurangi harapan hidup hingga 4 tahun. Orang yang lebih memilih untuk bermalas-malasan 2 kali lebih berisiko terkena masalah jantung dan stroke.

Selain baik untuk jantung, olahraga juga dapat mencegah obesitas dan komplikasi diabetes. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur juga mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

2. Mengukur dan mengendalikan kadar kolesterol
Kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembentukan plak atau kerak pada dinding arteri atau vena. Plak yang terbentuk pada akhirnya bisa menghambat aliran darah, sehingga menyebabkan serangan jantung atau stroke, bila terjadi di sekitar otak.

3. Jalani diet sehat
Diet bukan berarti Anda harus membatasi asupan makanan setiap hari, melainkan mengatur pilihan makan harian. Makanan sehat tentu akan memperpanjang usia Anda, seperti sayuran dan buah segar. Mereka sangat kaya akan vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh.

4. Ukur dan kontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi kadang-kadang tidak menimbulkan gejala, sehingga silent killer karena bisa meningkatkan risiko stroke hingga 40 persen dan serangan jantung sebesar 25 persen. Selain itu, tekanan darah tinggi yang tidak diobati dapat memicu kerusakan otak dan juga mempercepat pikun. Tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah sekitar 120/80 mmHg.

Kurang dari angka tersebut digolongkan sebagai tekanan darah rendah atau hipotensi, sedangkan jika lebih tinggi disebut hipertensi atau tekanan darah tinggi.

5. Menjaga berat badan ideal
Berat badan ideal untuk masing-masing orang tentu tidak sama, tergantung pada tinggi badan mereka. Dikatakan berat badan ideal, jika menghasilkan Indeks Massa Tubuh (BMI) 18,5-22,9 kg/m2. Bisa dihitung dengan rumus berikut: BMI = berat badan (kg): tinggi badan kuadrat (m2).

Seseorang dikatakan kelebihan berat badan atau obesitas, jika BMInya menunjukkan 23-29 kg/m2 dan telah termasuk obesitas jika memiliki BMI di atas 30 kg/m2. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat mengurangi harapan hidup hingga 4 tahun.

6. Hindari atau mengontrol diabetes
Diabetes adalah gangguan metabolisme karbohidrat yang membuat tubuh tidak mampu mengontrol kadar gula darah. Dalam jangka panjang, gangguan ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung, memicu komplikasi pada mata dan pada pria dapat menyebabkan impotensi.

Kadar gula darah dianggap normal, jika skor Anda 70-99 mg/dL, dengan catatan diukur setelah puasa atau tidak makan selama 8 jam. Kadar glukosa darah yang diukur 2 jam setelah makan dikatakan normal, pk hirtojika berkisar antara 70-145 mg/dL, sedangkan jika Anda mengabaikan jadwal makan di atas, Anda harus memiliki skor normal 70-125 mg/dL.

7. Hindari rokok
Merokok diklaim dapat memicu 90 persen kematian pada pasien dengan kanker paru-paru, 80 persen kematian pada bronkitis dan emphysema, dan 17 persen dari kematian akibat serangan jantung. Orang-orang yang berhenti merokok, dalam sekejap akan memiliki penurunan risiko serangan jantung dan stroke. sumber:Pengetahuan Umum.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s