Cara Memilih Netbook

Standar

netbookUntuk Kegunaan Anda yang Aktif dan Memiliki Mobilitas Tinggi
Sama halnya dengan sebuah laptop, netbook merupakan perangkat komputer portable yang memiliki ukuran dimensi kecil, dengan harga relatif murah. Netbook memiliki fungsi dasar layaknya kebanyakan komputer atau laptop, menjalankan aplikasi maupun saat ini sebagian besar netbook (sudah menjadi kewajiban) memiliki fitur yang mempermudah user untuk berselancar di Internet.

Secara ukuran dimensi, sebuah netbook biasanya berukuran kecil, lebih kecil dari sebuah laptop. Ukuran layar biasanya di kisaran 10 inchi (mungkin lebih besar atau kecil sedikit). Dari segi berat, sebuah netbook biasanya tidak terlalu berat, di kisaran 2,5-3,5 kilogram. Kemampuan sebuah netbook juga tidak terlampau jauh dari kemampuan sebiuah laptop atau PC, biasanya menggunakan prosesor intel Atom dan sekurang-kurangnya memiliki kapasitas RAM sebesar 1GigaByte.

Netbook menjadi pilihan baru bagi banyak orang, terlebih generasi muda yang aktif dan dengan mobilitas tinggi. Untuk itu diperlukan sebuah netbook yang mampu mengakomodir segala kebutuhan pengguna dengan karakteristik seperti itu. Hingga saat ini banyak produsen netbook yang mencoba mengembangkan teknologinya untuk menjawab kebutuhan para konsumen, untuk itu para konsumen harus cermat dalam memilih netbook yang mana yang mampu memenuhi kebutuhannya. Nah, untuk mengetahui dan memilih netbook yang baik, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

Ukuran layar dan resolusi layar
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebuah netbook memiliki ukuran layar yang kecil. Bagi beberapa pengguna hal ini menjadi suatu masalah tersendiri, namun bukan berarti beberapa konsumen tidak dapat menggunakan netbook. Pemilihan netbook dari ukuran layar dan resolusinya menjadi salah satu pertimbangan. Disarankan bagi peminat netbook, untuk memilih netbook dengan ukuran dan resolusi layar yang tidak terlalu kecil. Ukuran 10-11inchi dengan resolusi 1024×768 cukup nyaman untuk mata.

Keyboard dan touchpad
Dimensi sebuah netbook yang berukuran relatif kecil dibanding laptop, membuat netbook memperingkas semua komponennya, termasuk keyboard dan touchpadnya.

Untuk keyboard, sebisa mungkin pilihlah netbook dengan susunan keyboard, dan tatanan tombol antara satu dengan yang lainnya tidak terlalu berdempetan. Pilihan ideal untuk pilihan netbook dengan keyboard yang nyaman adalah memilih netbook dengan tipe keyboard island. Tipe keyboard ini memiliki ruang diantara satu tombol dengan lainnya yang cukup lebar sehingga tidak menyulitkan pengguna dalam mengetik. Selain itu, untuk touchpad, teknologi terbaru dari touchpad adalah dengan menggunakan touchpad multi-touch. Touchpad multi-touch akan lebih mempermudah pengguna untuk menjalankan aplikasi yang terdapat dalam netbook.

Sistem operasi (OS)
Sistem operasi menjadi satu pertimbangan utama dalam memilih sebuah netbook, dengan banyaknya variasi operating system. Untuk itu pilih netbook yang menawarkan sudah terinstal dengan sistem operasi yang anda sudah terbiasa menggunakannya, semisal microsoft windows, atau linux. Dan selalu ingat, gunakan sistem operasi yang asli.

Processor
Saat ini beberapa netbook menggunakan prosesor Intel Atom yang cukup baru dan mumpuni bagi kelas komputer netbook.
Intel Atom terpaling baru dan tersedia pada tahun 2010 ini adalah prosesor Intel Atom N450 dengan daya 1.66 GHz. Dengan daya seperti itu memang netbook secara umum tidak digunakan untuk memproses jalannya aplikasi yang terlalu berat seperti bermain game atau editing video. Daya kecepatan tersebut cukup mumpuni bagi penggunaan untuk akses internet, cek email, mengetik, menonton video atau aktifitas lainnya.

Daya Tahan Baterai
Baterai pun dapat dipertimbangkan dalam memilih netbook. Semakin lama daya tahan baterai dalam menghidupkan netbook akan menjadi pertimbangan positif bagi anda untuk memilih netbook yang baik.
Netbook secara konsep digunakan bagi orang-orang yang memiliki tingkat mobilitas tinggi dan aktif, sehingga diperlukan suatu komputer yang portable namun tetap memiliki daya tahan kuat dalam berbagai hal, salah satunya adalah daya tahan dalam kapasitas listrik dalam baterai.

Memory Internal (RAM)

Bagi netbook keluaran baru tentunya memory RAM tidak lagi diragukan dan membuat anda harus bingung mau pilih yang mana. Minimal jumlah kapasitas RAM yang dimiliki banyak netbook saat ini adalah 1Gigabita, dengan kapasitas tersebut sudah cukup “enteng” bagi para pengguna untuk mengoperasikan netbook dengan mudah.

Kapasitas Penyimpanan File
Seperti beberapa hardware lainnya yang sudah dibahas sebelumnya, hard disk merupakan salah satu hardware yang secara konsep diberlakukan ungkapan “semakin besar semakin baik”. Dalam hal ini, maka anda perlu menanyakan jumlah daya simpan yang dimiliki suatu netbook. Saran yang terbaik dalam memilihnya adalah dengan memilih netbook yang memiliki daya tampung file diatas 100Gigabita.
Selain beberapa hal sebelumnya, perlu diperhatikan juga fitur-fitur lainnya yang mungkin anda perlukan. Netbook umumnya datang dengan built-in web cam, Wi-Fi, card reader, dan USB port. Beberapa bahkan memiliki fitur tambahan seperti Bluetooth, 3G, GPS, dll.
Tentunya, selain itu, yang perlu anda pertimbangkan adalah memilih model-model yang anda sukai atau yang ada di dalam anggaran Anda untuk netbook yang lebih murah.
Sebagai kesimpulan, di sarankan minimal, Intel Atom N450 untuk Processor, 1GB RAM, 160GB hard drive atau lebih besar, 8 jam baterai yang tahan lama dan Windows 7 starter dengan Bluetooth sebagai pilihan yang disukai untuk mengikat sebuah ponsel untuk akses mobile broadband .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s