Bahaya Ludah Bagi Bibir

Standar

page-8TAK sedikit orang masih salah mengerti soal pelembaban bibir. Banyak yang mengira bibir bisa dilembabkan hanya dengan membasahi bibir dengan lidah.

“Tindakan membasahi bibir dengan ludah malah membuat bibir lebih kering dan pecah-pecah sebab ludah itu mengandung enzim untuk mencerna makanan. Enzim itu juga akan mencerna bibir sehingga tampak pecah-pecah,” kata Dr. Indrawati Widjaja, SpKK, dokter kulit dari Erha Institute Jakarta.

Bibir pecah-pecah yang terkelupas itu juga bisa mendatangkan efek yang tidak menyenangkan. “Efek lanjutannya adalah berupa hiperpigmentasi atau bibir menjadi kehitaman. Garis-garis bibir pun jadi tampak jelas berlebihan,” tambahnya.

Sebagai ganti kebiasaan buruk membasahi bibir dengan lidah, oleskan pelembab khusus untuk bibir setiap waktu ketika dibutuhkan untuk mencegah bibir jadi kering. Carilah pelembab bibir yang mengandung bahan pelembab dan minyak alami. Jangan lupa mencari pelembab yang juga mengandung tabir surya dengan SPF 15 untuk melindungi kulit lembut bibir dari sinar uvA dan uvB.

Kandungan yang umum terdapat dalam pelembab bibir misalnya adalah lidah buaya, madu, chamomile, shea butter, minyak zaitun, dan lain-lain. Lebih baik lagi jika pelembab itu juga tidak mengandung pemutih, tanpa aroma dan rasa. Pastikan agar pelembab itu mengandung antioksidan berupa vitamin C dan E untuk melindungi kulit bibir dari ancaman bahaya polusi, rokok dan serbuan radikal bebas di sekitar kita.
Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab bibir sebelum mengenakan lipstik saat berdandan. Untuk pemilik bibir yang cenderung kering dan mudah pecah-pecah, carilah lipstik yang mengandung pelembab dan kalau bisa juga mengandung tabir surya. Hindari memakai lipstik yang matte karena bisa cepat membuat bibir jadi kering. Sajian Sedap

page-8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s