Asam Folat Bisa Mengurangi Risiko Anak Autism

Standar

tentang-ibu-hamil3-244x300Rabu, 13/02/2013 – 13:16
KOPENHAGEN, (PRLM).- Wanita yang mengkonsumsi suplemen asam folat pada awal kehamilan dapat mengurangi risiko anak yang dilahirkan autisme sebesar 40 persen, menurut studi terbaru.
Namun ibu hamil harus mulai mengkonsumsinya empat minggu sebelum hamil dan delapan minggu setelah itu untuk mendapatkan manfaat penuh untuk anak yang akan dilahirkan. Menurut para ilmuwan, waktu mengkonsumsi suplemen prenatal memang sangat penting.

Asam folat atau Vitamin B9, diperlukan untuk sintesis dan perbaikan DNA. Ini secara alami dibentuk, asam folat ditemukan dalam sayuran berdaun, kacang polong, lentil, kacang-kacangan, telur, ragi, dan hati.

Asam folat dikenal melindungi terhadap spina bifida dan cacat tabung saraf pada anak-anak, namun penelitian terbaru, yang diamati pada lebih dari 85.000 bayi yang lahir di Norwegia antara tahun 2002 dan 2008, menunjukkan bahwa hal itu mungkin memberikan perlindungan terhadap Autism Spectrum Disorder (ASD).

Epidemiolog Pel Surin dari Institut Kesehatan Publik Norwegia mengatakan: “Kami memeriksa tingkat gangguan spektrum autisme pada anak-anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi atau tidak mengkonsumsi asam folat selama kehamilan. “Ada penurunan dramatis dalam risiko gangguan autis pada anak-anak yang lahir dari ibu yang mengambil suplemen asam folat,” tambahnya.

Para ilmuwan melihat pada studi Norwegia Mother and Child Cohort dan sub-studi tentang autisme, Autism Birth Cohort Study di mana 85.176 bayi yang lahir antara 2002 dan 2008.

Dalam studi tersebut, yang diterbitkan Journal of American Medical Association, kebiasaan makan ibu hamil dicatat dan secara teratur disurvei selama tiga sampai 10 tahun untuk mengukur perkembangan gangguan spektrum autisme.

Sebanyak 270 kasus gangguan spektrum autisme diidentifikasi dalam populasi penelitian, 114 gangguan autistik, 56 Asperger syndrome, dan 100 autisme atipikal atau tidak ditentukan, atau dikenal sebagai gangguan perkembangan pervasif tidak disebutkan secara spesifik.

Studi ini menemukan ibu yang mengambil suplemen asam folat pada awal kehamilan memiliki risiko 40 persen lebih rendah untuk memiliki anak dengan gangguan autis dibandingkan dengan ibu yang tidak mengambil suplemen.

Pengurangan risiko gangguan autis, bentuk yang paling parah, diamati pada mereka yang mengambil asam folat dari 4 minggu sebelum sampai 8 minggu setelah dimulainya kehamilan. Tidak ada pengurangan resiko diamati untuk autisme atipikal atau tidak ditentukan sedangkan untuk Asperger sindrom jumlah anak terlalu rendah untuk mendapatkan bukti yang cukup. (Aya/A-147)***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s