Ini Enam CEO BUMN Pilihan Tempo

Standar

TEMPO.CO , Jakarta: Melalui serangkaian diskusi, yang kadang diwarnai debat keras, akhirnya Tempo menjatuhkan pilihan kepada enam “CEO BUMN Pilihan Tempo 2012”. Enam CEO pilihan ini punya karakter, visi, dan keteguhan menghadapi badai persoalan.

Di tengah pusaran berita buruk tentang badan usaha milik negara sebagai sapi perah para politikus, enam CEO BUMN ini memberi bukti bahwa integritas belum sirna. Para chief executive officer ini menaburkan harapan tentang kemampuan perusahaan pelat merah bersaing di tingkat regional dan global.

Ini enam CEO BUMN pilihan itu:
Richard Dir PELINDO
1.Richard Joost Lino, Direktur Utama Pelindo II
Menurut Lin Che Wei, pendiri dan Direktur Independent Research & Advisory Indonesia, tidak gampang mengelola unusual company seperti Pelindo II. Nyatanya, ia sukses mereformasi perusahaan yang dulu kerap disebut ”sarang” pungutan liar itu. Sofyan Djalil, mantan Menteri Negara BUMN, menyebut Lino sebagai pemimpin berkarakter dan kaya ide. Ia mengubah secara dramatis kapasitas handling, yang selama 9 tahun sebelumnya tumbuh rata-rata 5 persen menjadi 25 persen dalam 3 tahun terakhir.
eksponen-ignatius-jonan-hidup-katolik
2.Ignasius Jonan, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia
Dinilai telah merombak kultur perusahaan yang semula lamban dan melempem. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Sudaryatmo, sangat mengapresiasi upaya Jonan menata ulang bisnis transportasi yang paling dekat dengan publik ini. Sebagai pengguna kereta Commuter Jabodetabek, Sudaryatmo ikut merasakan perubahan itu. “Belum sempurna, tapi sudah jauh lebih baik.”
ketut posindo
3.I Ketut Mardjana, Direktur Utama PT Pos Indonesia
Sukses membangkitkan PT Pos Indonesia–yang semula bisnisnya dianggap memasuki senja kala. Dibantu tangan dingin Sukatmo Padmosukarso, mantan Direktur Bank International Indonesia, ia menggeser lini bisnis ke sektor jasa keuangan sambil tetap mempertahankan layanan logistik.
dirut-pln_663_382
4.Nur Pamudji, Direktur Utama PT PLN
YLKI memberi acungan jempol kepada integritas Direktur Utama PT PLN, Nur Pamudji, yang berani menolak permintaan duit dan tekanan anggota DPR. “Ia pernah diusir dari forum rapat kerja Dewan.” Nur pula yang merombak sistem tender barang di PLN yang tadinya melalui pedagang menjadi langsung ke produsen.
tommy-soetomo angkasapura
5.Tommy Soetomo, Direktur Utama PT Angkasa Pura I
Masuk ketika karyawan PT Angkasa Pura I sedang bergejolak. Dia mengakhiri demonstrasi dan ketegangan itu dengan pakta normalisasi hubungan kerja. Kendati fisiknya kurang sehat, dia bekerja keras mentransformasi budaya kerja perusahaan menjadi pro terhadap pelayanan publik. Hasilnya, toilet Bandar Udara Juanda, Surabaya, dua kali berturut-turut mendapatkan piala dari Kementerian Pariwisata.
dwi-sucipto semen
6.Dwi Sucipto, Direktur Utama PT Semen Gresik
Dinilai sebagai seorang harmony builder. Dia sukses meredam keinginan anak perusahaan untuk memisahkan diri, dan malah berujung pada pembentukan holding yang kuat. Lin Che Wei menilai Semen Gresik merupakan satu dari sedikit BUMN yang lebih baik daripada swasta di sektornya. Selengkapnya, baca di Majalah Tempo Edisi 23 Desember 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s