Tip Remaja putri cari pasangan

Standar

Sok Jual Mahal Buka Peluang Perempuan Dapat Pasangan Berkualitas
Rahma Lillahi Sativa – detikHealth
Minggu, 23/12/2012 16:26 WIB
pacaran-no-menikah-yes
Jakarta, Ketika mencari pasangan, mungkin teman-teman akan menyarankan agar Anda sok jual mahal untuk meningkatkan daya tarik Anda di mata calon pasangan. Namun ternyata baru-baru ini sebuah studi baru mengungkapkan bahwa sikap pura-pura tidak tertarik dengan calon pasangan potensial atau gebetan ini perlu dilakukan, apalagi jika Anda ingin hubungan yang serius.

Menurut studi yang sama, salah satu manfaat sikap jual mahal ini adalah Anda dapat menarik calon pasangan yang berkualitas tinggi dengan tingkat komitmen tertinggi untuk menjalin hubungan jangka panjang.

Peneliti menemukan kesimpulan itu setelah menggelar empat percobaan berbeda untuk menentukan bagaimana dan mengapa orang-orang suka bersikap jual mahal lalu kapan metode ini dianggap efektif untuk menarik pasangan.

Dalam satu percobaan, peneliti mengidentifikasi cara orang-orang bersikap jual mahal dan seberapa sering pria/wanita menggunakannya. Dari 58 strategi yang berhasil dicatat peneliti, sebanyak 500 responden mahasiswa Amerika menilai ‘bersikap percaya diri’ dan ‘lebih memilih berbicara dengan orang lain di hadapan gebetan’ sebagai dua metode yang paling sering mereka gunakan saat bersikap sok jual mahal.

Tapi ada sedikit perbedaan metode antara kedua jenis kelamin. Sebab ketika para wanita bersikap sok jual mahal, mereka lebih cenderung ‘tidak menelepon’, ‘tak banyak bicara’ dan ‘sok sibuk’, sedangkan pria lebih suka menggunakan tiga metode utama yaitu ‘berpura-pura angkuh atau kasar’, ‘suka memuji atau mengucapkan hal-hal baik tapi tidak menelepon’ dan ‘memperlakukan orang lain dengan buruk’.

“Lagipula wanita memperoleh lebih banyak keuntungan saat bersikap seperti ini karena sok jual mahal memberi kesempatan kepada mereka untuk menguji calon pasangannya dan meningkatkan daya tarik mereka,” terang peneliti Peter Jonason, PhD, asisten profesor psikologi dari University of Western Sydney, Australia.

“Belum lagi wanita memiliki nilai yang lebih tinggi dalam kancah pencarian pasangan biologis sehingga mereka bisa lebih sering bersikap jual mahal ketimbang pria. Pria yang jual mahal justru akan kehilangan peluangnya untuk memperoleh pasangan,” lanjutnya.

Dalam percobaan kedua, 300 responden mahasiswa Amerika mengidentifikasikan dua alasan utama mengapa mereka sok jual mahal yaitu untuk meningkatkan permintaan (mendorong calon pasangan untuk lebih menginginkannya) dan menguji kemauan calon pasangan untuk berkomitmen (mempertahankan ketertarikan calon pasangan dan upayanya untuk mengejar mereka).

Studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Personality ini juga menemukan bahwa dalam hubungan yang dilandasi komitmen, wanita lebih memilih pria yang tingkat ketersediaannya (availability) sedang-sedang saja (tak terlalu mudah atau terlalu jual mahal). Sedangkan pria cenderung berpaling pada wanita yang tingkat ketersediannya rendah (sulit didapatkan).

Bahkan untuk urusan uang dan waktu yang dihabiskan calon pasangan potensial, 425 mahasiswa Amerika sepakat menilai bahwa makin kecil tingkat ketersediaan seseorang maka makin besar keinginan calon pasangannya untuk menginvestasikan waktu dan uang dengan si dia.

“Kendati begitu, jika Anda hanya berniat untuk menjalin hubungan jangka pendek saja, wanita takkan mendapatkan siapapun jika memilih bersikap sok jual mahal. Sebaliknya hal ini justru mempan jika dilakoni oleh pria,” pungkas Jonason seperti dikutip dari nbcnews, Minggu (23/12/2012).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s