Pesawat terbang sayap dan helikopter

Standar

V-22 Osprey merupakan sebuah pesawat terbang militer tiltrotor dengan kemampuan vertical takeoff and landing (VTOL) dan short takeoff and landing (STOL). Pesawat ini didesain dengan menggabungkan kelebihan fungsionalitas dari helikopter konvensional dengan performa jarak jauh dari pesawat terbang turboprop.
23424 MEU Deployment 20126Rotor rooterJarak jelajah tempur V-22 di Irak, dibandingkan dengan jarak jelajah CH-46E yang lebih kecil.
Pesawat terbang Osprey adalah pesawat terbang tiltrotor pertama yang diproduksi secara massal, dengan sebuah proprotor berbilah tiga, mesin turboprop dan nasel transmisi dipasang pada setiap ujung sayap. Pesawat ini dikategorikan sebagai pesawat angkat terdaya oleh Federal Aviation Administration (FAA).[4] Saat lepas landas dan mendarat, pesawat ini biasanya dioperasikan dalam mode helikopter dengan nasel vertikal dan rotor horizontal. Setelah terbang, nasel dirotasikan 90° kedepan untuk melakukan penerbangan horizontal, menjadikan pesawat dalam mode turboprop konvensional yang lebih efisien dan cepat. Kemampuan STOL dapat dicapai jika nasel dimiringkan 45° saat lepas landas dan mendarat. Untuk mode penyimpanan dan transportasi kompak, sayap V-22 dapat diputar sehingga sejajar dengan badan pesawat. Bilah proprotornya dapat juga dilipat sehingga pesawat ini dapat disimpan secara efisien di kapal induk.[5] Penggunaan bahan komposit pada pesawat ini mencapai 43% dari keseluruhan kerangka pesawat. Bilah-bilah proprotor juga menggunakan bahan komposit.[6]
Dua buah mesin Rolls-Royce AE 1107C pada kedua ujung sayap dihubungkan dengan poros penggerak ke kotak roda gigi pusat bersama, sehingga satu buah mesin dapat menggerakkan kedua proprotor jika salah satu mesin mengalami kegagalan.[7] Sebagian besar misi Osprey menggunakan mode penerbangan sayap tetap untuk mengurangi keausan pada komponen pesawat dan menekan biaya operasi.

Varian
V-22A
HV-22
SV-22
MV-22B
CV-22B
Operator
Korps Marinir dan Angkatan Udara Amerika Serikat memiliki V-22 sejumlah 112 unit pada Mei 2010. Sebagian besar digunakan oleh Korps Marinir.[8]
Amerika Serikat
• Angkatan Udara Amerika Serikat memiliki 12 unit CV-22 pada April 2010.[9][10]
• Korps Marinir Amerika Serikat memiliki 83 unit MV-22 pada Maret 2010.[11]
Spesifikasi (MV-22B)

Data dari Norton,[12] Boeing,[13] Bell guide,[6] Naval Air Systems Command,[14] dan USAF CV-22 fact sheet[15]
Karakteristik umum
• Kru: Four (pilot, copilot and two flight engineers/crew cheifs)
• Kapasitas:
o 24 orang (duduk), 32 orang (di lantai), atau
o 9.070 kg (20.000 lb) kargo internal, atau 6.800 kg (15.000 lbkg) of external cargo (dual hook)
o 1× kendaraan Growler[16][17]
• Panjang: 17,5 m
• Diameter baling-baling: 11,6 m)
• rentang sayap: 14 m (45 ft 10 in)
• Lebar dengan rotor: 25,8 m (84 ft 7 in)
• Tinggi: 6,73 m/22 ft 1 in dengan mesin vertikal (mode helikopter)
• Luas piringan: 212 m²)
• Luas sayap: 28 m² (301.4 ft²)
• Bobot kosong: 15.032 kg
• Bobot terisi: 21.500 kg
• Bobot maksimum lepas landas: 27.400 kg
• Mesin: 2× turboshaft Rolls-Royce Allison T406/AE 1107C-Liberty, 4.590 kW masing-masing
Kinerja
• Laju maksimum: 509 km/h[18] (275 knots) pada permukaan laut / 305 kn (565 km/h; 351 mph) pada 15.000 kaki (4,600 m)[19]
• Laju jelajah: 446 km/h (241 knots) pada permukaan laut
• Jarak jangkau: 1.627 km
• Radius tempur: 722 km
• Jarak jangkau ferri: 3.590 km dengan tangki bantu
• Batas tertinggi servis: 7.620 m
• Laju panjat: 11,8 m/s
• Disc loading: 102.23 kg/m²
• Power/massa: 427 W/kg (0.259 hp/lb)
Persenjataan
• 1× 7.62 mm (0.308 in) senapan mesin M240 atau 0.50 in (12.7 mm) senapan mesin M2 Browning di rampa kargo.
• 1× 7.62 mm (.308 in) GAU-17 minigun, dudukan perut, mampu tarik, kontrol jarak-jauh dalam sistem Remote Guardian System [opsional][20][21]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s