Inilah Makanan Sehat Bikin Usia Lebih Panjang

Standar

Inilah Makanan Sehat Bikin Usia Lebih Panjang

Panjang pendeknya umur memang ada di tangan Tuhan. Tapi menerapkan pola hidup sehat dapat membantu Anda menjauhi segala macam penyakit, yang pada akhirnya dapat memperpanjang harapan hidup.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang diklaim mencegah berbagai macam penyakit dan membuat tubuh sehat lebih lama.

Kedelai

Kedelai mengandung zat besi yang sangat tinggi dibanding makanan yang lainnya. Kedelai bermanfaat untuk mengontrol kolestrol dalam tubuh, sehingga terhindar dari berbagai penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.

Kedelai juga bermanfaat untuk para wanita. Salah satu manfaat keledai yaitu dapat mengelola gejala menopause. Selain itu diet kedelai sangat manjur untuk mendapatkan berat badan ideal.

Antioksidan

Makanan antioksidan biasanya berwarna hijau, biru, ungu, dan orange. Makanan jenis ini banyak mengandung karotenoid dan anthocyanin yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.

Manfaat antioksidan lainnya yaitu dapat memperkuat memori dan menyeimbangkan indera.

Contoh makanan antioksidan adalah brokoli dan tomat yang dapat mencegah penyakit kanker. Yang berwarna orange seperti ubi, kentang dan wortel sangat bermanfaat untuk paru-paru sehat.

Sayur dan buah kaya serat

Sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat Makanan berserat seperti kacang-kacangan, apel, beras merah, dan sayur-sayuran. Makanan ini membantu dalam menurunkan tekanan darah dan membuat Anda tetap merasa kenyang. Sehingga efektif membantu dalam penurunan berat badan.

Air

Tak hanya makanan, air bermanfaat karena sangat baik untuk kulit dan sumber energi yang baik. Tubuh memerlukan air untuk membuang racun dan menjaga jaringan tetap terhidrasi.

Teh hijau

Teh ini sangat terkenal di Jepang karena kaya vitamin A, C dan E yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Menurut sebuah penelitian, teh hijau bahkan lebih kuat dari samurai karena mampu mencegah oksidasi sel yang pada gilirannya akan berubah menjadi kanker.

Selain itu teh hijau ini ternyata berkhasiat untuk membangun pertahanan bagi sistem kekebalan tubuh dan mengencerkan darah untuk melawan penyakit jantung.

Sama seperti teh biasa, teh ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dicelupkan dalam air panas, lalu diamkan selama beberapa waktu. Semakin lama teh hijau itu terendam, semakin baik hasilnya bagi tubuh Anda.

Bawang putih

Menurut para ahli, bawang juga kaya akan vitamin c, zat antioksidan dan sulfur. Ironisnya, mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini memang membuat nafas menjadi kurang sedap, tapi jangan salah, walau mulut menjadi berbau, bawang putih mampu melindungi Anda dari berbagai penyakit pernafasan seperti asma dan radang saluran pernafasan.

Tidak hanya itu, bawang juga mampu menaikkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah, dan melindungi Anda dari ancaman kanker. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda dapat memakannya mentah-mentah, atau dicampur salad atau sandwitch.

Minyak ikan

Beberapa ikan seperti salmon,mackerel atau ikan haring terkenal sebagai penghasil omega-3. Mengkonsumsi ikan jenis ini dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah dan juga melindungi Anda agar tidak terserang stroke dan pembekuan darah di otak.

sumber: inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s