Intel: Mobil akan Terhubung Satu Sama Lain

Standar

INOVASI
California – Di masa depan mobil akan makin praktis. Bahkan perusahaan TI seperti Intel mengatakan bahwa mobil di masa depan akan lebih interaktif dan akan dianggap sebagai gadget sama dengan iPad saat ini.

Untuk menyongsong era itu, Intel bahkan sudah berani mengucurkan dana hingga US$ 100 juta atau sekitar Rp 900 miliar dalam 4-5 tahun ke depan untuk meneliti teknologi-teknologi interaktif yang bisa diaplikasi di tiap kendaraan di masa depan.

Program yang diberi nama Intel Capital Connected Car Fund tersebut menargetkan akan mengkreasikan teknologi agar kendaraan di masa depan dapat memiliki fitur infotaiment sekaligus dapat terhubung dengan internet dan memiliki aplikasi yang beragam di samping teknologi-teknologi yang dapat membantu pengemudi.

Dana sebesar itu nantinya akan dikucurkan bertahap untuk mengkreasi dan mengadopsi teknologi-teknologi terkini.

“Teknologi telah menjadi komponen integral dari kehidupan sehari-hari, dengan konsumen yang mengeluhkan gangguan akses ke internet dan aliran konstan informasi, berita, hiburan, dan media sosial,” kata Executive Vice President Intel Arvind Sodhani dalam keterangannya.

“Mobil harus mampu menyediakan pengalaman komputasi yang sama konsisten dan menarik, tetapi dengan cara yang aman. Intel Capital Connected Car Fund akan mendorong pengembangan teknologi untuk meningkatkan pengalaman dalam kendaraan masa depan itu,” tambahnya.

Saat ini pun Intel diketahui tengah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan teknologi-teknologi yang bisa diterapkan di mobil.

Sebab pada akhirnya mobil menurut Intel akan memiliki kecerdasan dan kesadaran untuk menawarkan informasi yang benar, pada saat yang tepat dan dengan cara yang tepat untuk menjaga pengemudi dan penumpang terinformasikan, terhibur dan produktif dengan tetap menjaga keamanan yang optimal.

Setelah mobil bisa terhubung, mobil nantinya juga akan bisa terhubungkan dengan infrastruktur transportasi yang ada dan bahkan kendaraan lain untuk membantu pengemudi mengetahui kondisi lalu lintas dan mengoptimalkan potensi dan mereduksi risiko.

“Mobil adalah perangkat yang benar-benar mobile. Pada 2014, mobil akan berada di antara tiga besar dengan pertumbuhan koneksi internet tercepat,” kata GM Automotive Solutions Division Intel Staci Palmer.

Untuk permulaan, Intel saat ini tengah mengembangkan berbagai teknologi dari teknologi infotaiment, sistem bantuan pengemudi, konektivitas hingga kemampuan pengenalan suara, gerak dan mata pengemudinya.

Syubhan Akib – detikOto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s