Wow, Inilah Mobil Kemudi Otomatis Google

Standar

San Francisco: Raksasa internet, Google, telah mengembangkan sistem kemudi komputer. Bahkan, saat ini, mereka sedang melobi agar teknologi tersebut sah secara hukum untuk digunakan. Dua jenis kendaraan sudah diuji coba untuk proyek percontohan tersebut, yakni Toyota Prius dan Audi TT. Google mengupayakan sistem itu bisa digunakan di wilayah Nevada, Amerika Serikat.

Sistem kendali komputer berupa laser untuk mendeteksi sekeliling dan kamera video buat mengetahui situasi lalu lintas. Peta rinci juga digunakan untuk mengetahui rute demi rute. Peraturan yang diusulkan adalah undang-undang yang memberi izin dan uji coba bagi kendaraan otonom bertenaga listrik. Pelobi David Goldwater disewa Google untuk usaha tersebut.

Bulan lalu, Goldwater mengatakan kepada anggota parlemen bahwa kendaraan yang bisa menyetir sendiri lebih aman ketimbang yang dikemudikan manusia. Selain itu, kendaraan tersebut pun lebih efisien dalam penggunaan energi. Sistem ini menjadi perbincangan hangat setelah Google menguji coba di jalanan California, AS, tahun silam dengan menempuh lebih dari 140 ribu mil.

Kendaraan itu mengangkut staf, tapi tangan mereka tak pernah menyentuh kemudi. Satu staf siaga untuk memegang kemudi jika terjadi masalah dan staf lainnya mengawasi perangkap lunak. Ada tujuh kendaraan yang sudah digunakan Google untuk uji coba. Satu-satunya kecelakaan yang terjadi adalah ketika kendaraan yang dikemudikan manusia menyeruduk kendaraan auto-pilot itu.

“Tujuan kami adalah mencegah kecelakaan lalu lintas, memberi orang lebih banyak waktu dan mengurangi emisi karbon karena mengubah penggunaan kendaraan secara mendasar,” kata Thrun, peneliti yang berwenang dalam uji coba itu. Dia juga mengatakan kendaraan itu tak membahayakan pengguna jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s