OMEGA 3 SALMON

Standar

Omega-3 adalah sejenis asam lemak esensial yaitu lemak yang diperlukan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Anda harus mendapatkannya melalui makanan. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan seperti salmon, tuna, makarel dan makanan laut lainnya termasuk ganggang dan krill, beberapa jenis tanaman dan minyak kacang. Selain sumber alami, asam lemak omega-3 kini banyak ditemukan sebagai bahan aktif dalam suplemen kesehatan, makanan bayi dan produk farmasi.
Asam lemak Omega-3 terdiri dari Docosahexaenoic acid (DHA), Eicosapentaenoic acid (EPA), dan Alpha-linolenic acid (ALA). Dari ketiganya, EPA dan DHA adalah yang lebih bermanfaat bagi tubuh dan hanya diperoleh dari ikan-ikan berlemak, terutama ikan dari laut dingin.Manfaat omega-3 dibuktikan dari sedikitnya orang Eskimo di Kutub Utara yang menderita penyakit jantung dan kardiovaskuler. Hampir tidak ada dari mereka yang terkena serangan jantung fatal. Padahal, mereka umumnya hanya mengkonsumsi hewan-hewan laut. Rahasianya terletak pada makanan mereka yang meskipun miskin variasi namun kaya omega-3 seperti lemak anjing laut, ikan paus dan ikan lainnya. Hewan-hewan laut itu memakan ikan dan plankton yang menyimpan omega-3 di dalam membran selnya. Konsumsi asam lemak tersebut membuat dinding sel orang Eskimo tetap elastis dan darah tetap cair sehingga dapat bertahan hidup di cuaca yang sangat dingin dan terjaga dari semua penyakit jantung dan pembuluh darah. Karena itu, American Heart Association merekomendasikan makan ikan paling sedikit dua kali seminggu.
Banyak penelitian menunjukkan bahwa omega-3 juga mengurangi peradangan, menurunkan risiko penyakit kanker, hipertensi, diabetes, artritis dan lainnya serta menjaga fungsi otak. Embrio, bayi dan anak-anak memerlukan omega-3 (dalam bentuk EPA dan DHA) untuk perkembangan otak mereka.
Vitamin E dan Omega-3
Vitamin E ditambahkan pada hampir semua makanan suplemen omega-3.
Selain memiliki kegunaannya sendiri, vitamin E mencegah oksidasi karena omega-3 adalah asam lemak tak jenuh rantai ganda yang sangat rentan teroksidasi (cepat menjadi tengik). Sebagai antioksidan, vitamin E juga melindungi tubuh dari efek merusak oksigen terhadap sel-sel .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s