Ledakan Supernova Terlihat Selama Satu Pekan

Standar

TEMPO Interaktif, Berkeley – Sebuah bintang yang meledak di rasi gayung raksasa (big dipper) bersinar ke seluruh penjuru alam semesta. Cahaya ledakan sejauh 21 juta tahun cahaya tersebut sangat terang sehingga bisa disaksikan di malam hari selama satu pekan ke depan.
Bintang yang meledak biasa disebut sebagai supernova. Saat meledak, bintang bersinar hingga melebihi cahaya miliaran bintang di galaksi asalnya.
Supernova yang meledak kali ini pertama kali teramati sekitar dua pekan lalu. Adalah ahli astronomi asal Lawrence Berkeley National Laboratory, Peter Nugent, yang melihat peristiwa ini untuk pertama kali.
“Bintang yang meledak adalah katai putih bermassa 1,4 kali massa matahari,” ujar Nugent.
Selama dua pekan terakhir, ahli astronomi di seluruh dunia mengarahkan teleskop ke arah supernova bernama SN 2011fe ini. Sepanjang periode pengamatan tersebut, cahaya bintang bertambah terang dan diprediksi mencapai tahap paling terang dalam beberapa hari ke depan.
Saking terangnya, bintang dari galaksi lain ini bisa terlihat menggunakan binokuler atau teleskop berukuran 10 sentimeter.
“Waktu terbaik untuk melihat bintang meledak ini adalah Senin, 12 September 2012 atau setelah purnama,” tambah Nugent.
Di Indonesia, supernova bisa dilihat setelah matahari terbenam. Untuk mengamatinya, arahkan binokuler dan teleskop ke arah galaksi kincir (pinwheel) dekat bintang Alkaid di rasi gayung besar yang jauh di horizon utara.
Kesempatan pengamatan berlangsung selama 45 menit sebelum supernova menghilang tertelan atmosfer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s