LONTONG BALAP SUROBOYO

Standar

Salah satu kuliner signature dari kota Surabaya adalah Lontong Balap. Unik dan khas. Dari namanya aja sudah sangat menggelitik. Lontong kok balapan
Cerita dibalik nama Lontong balap.
Banyak versi asal usul & sejarah nama Lontong Balap. Ada yang
menyebutkan karena dulu yang jualan Lontong Balap kemana-mana jualannya pake gentong besar yang dipikul.Karena berat, jadi jalannya musti cepet2 kayak org balapan.
Versi lain menyatakan kalo yg jualan Lontong Balap ini tinggalnya di pinggiran kota, jadi kalau akan jualan mesti naikin dagangannya ke atas gerbong kereta api. Dan melesatlah si tukang lontong ke kota .

Penjual Lontong Balap yang terkenal di Surabaya adalah “Lontong Balap Garuda Pak Gendut”. Langganan Pak Gendut ini termasuk para artis Republik Cinta spt Ahmad Dhani & Andra. Lapaknya Pak Gendut ada di salah satu dari deretan penjual lontong balap di Jalan Kranggan, tepatnya didepan ex Bioskop Garuda tidak jauh dari pasar Blauran. Di Surabaya dimana mana gampang sekali mencari penjual lontong balap baik yang dijajakan berjalan, di lapak lapak pinggir jalan atau di pusatpusat jajan/foodcourt bahkan di hotel hotel besar dan rasanya rata-rata hampir sama karena komposisi seporsi Lontong Balap berisi lontong, tahu goreng dan lentho dengan irisan bite size. Lentho adalah perkedel dibuat dari dari singkong & kacang tolo (isinya kacang panjang) . Kemudian masih ditambahkan kecambah (toge) dalam porsi yang mantap, lalu diguyur dengan kuah gurih beraksen garlic yang kenceng. Setelah itu masih ditaburi bawang goreng yang bikin Lontong Balap makin enak. Yang doyan pedes bisa minta sambal petis gratis.

Pasangan makan Lontong Balap ini adalah Sate Kerang sama Es Degan (kelapa muda).

Harga kalau belum naik atau turun :
Lontong Balap – Rp.5.000,-
Es Degan – Rp.3.000,-

Silahkan Coba Lokasi : Jalan Kranggan dekat Blauran dulu bioskup Garuda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s